Agar Kaki Kita Tidak Mudah Lecet

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika ada banyak sekali orang yang mengeluhkan munculnya lecet-lecet pada kaki mereka setelah seharian memakai sepatu. Yang menjadi masalah adalah, hampir semua kegiatan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari penggunaan sepatu layaknya saat di sekolah atau berada di tempat kerja. Selain bisa menyebabkan rasa perih pada kaki, kita juga akan sangat tidak nyaman untuk melangkah dan menggerakkan kaki. Lantas, adakan cara yang efektif agar kita tidak mudah terkena lecet-lecet pada kaki?

doktersehat-sepatu-wanita

Meskipun terlihat seperti cara yang kuno, penggunaan plester pada area kaki yang mudah lecet ternyata dianggap sebagai trik yang sangat efektif. Bahkan, cara ini dianggap oleh penelitian yang dilakukan Stanford University School of Medicine sebagai cara yang ampuh mengatasi lecet-lecet akibat penggunaan sepatu untuk kegiatan sehari-hari. Dari penelitian ini, ditemukan fakta bahwa para olahragawan lari yang memakai plester untuk menutupi beberapa bagian kaki yang mudah lecet ternyata bisa menurunkan resiko terkena lecet-lecet hingga 40 persen. Dari semua pelari yang memakai plester, ditemukan hanya 23 persen dari jumlah tersebut yang mengalami lecet-lecet. Angka ini tentu sangat timpang dengan adanya 63 persen pelari yang mengalami lecet-lecet akibat berlari dengan sepatu namun tanpa adanya balutan plester pada bagian kaki.

Menurut salah satu pakar kesehatan yang melakukan penelitian ini, Hibah Lipman, M.D, Lecet bisa terjadi karena adanya kerusakan atau terpisahnya sel-sel kulit yang biasanya disebabkan oleh adanya gesekan pada alas kaki layaknya sepatu. Dengan memakai plester, gesekan ini pun bisa diminimalisir sehingga iritasi pada kulit pun tidak akan mudah terjadi.

Selain dipakai untuk mencegah lecet-lecet akibat penggunaan sepatu untuk kegiatan sehari-hari, Lipman juga menyarankan kita memakai plester saat kita memakai alas kaki yang baru hingga alas kaki ini mulai terasa nyaman dan lebih lentur untuk dipakai. Selain plester, gunakan pula semacam lotion khusus yang bisa melembutkan kulit kaki dan mencegah munculnya kapalan. Dengan melakukan trik-trik ini, lecet pun tidak akan mudah menghinggapi kaki kita.