Agar Ibu Hamil Tidak Mudah Terkena Wasir, Lakukan Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Ibu hamil memang cenderung cukup mudah mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah munculnya wasir. Bagaimana tidak, berat badan yang semakin meningkat dan adanya tekanan yang cukup besar pada bagian uterus selama pertumbuhan janin ternyata bisa berimbas pada memicu munculnya wasir dengan cepat. Selain itu, berubahnya bentuk tubuh ibu hamil juga ikut mempengaruhi sistem pencernaannya sehingga akan membuat ibu hamil cenderung mudah terkena sembelit. Padahal, sebagaimana kita ketahui, sembelit juga bisa memicu wasir. Lantas, apa yang bisa ibu hamil lakukan agar tidak mudah terkena wasir?

doktersehat-senam-ibu-hamil-yoga-mencegah-wasir

Banyak mengkonsumsi serat
Pakar kesehatan menyebutkan jika hal pertama yang harus diperhatikan oleh ibu hamil adalah konsumsi makanannya sehari-hari. Perbanyaklah konsumsi sayuran hijau, buah-buahan dan biji-bijian yang kaya akan serat agar saluran pencernaan menajdi lebih lancar. Hal ini ternyata bisa berimbas pada menurunnya resiko terkena wasir.

Memperbanyak asupan air minum
Ibu hamil juga harus memperhatikan asupan air minumnya untuk mencegah munculnya wasir. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat sistem metabolism tubuh meningkat dan cenderung tidak mudah terkena sembelit yang bisa menimbulkan wasir. Karena alasan inilah ada baiknya ibu hamil memperbanyak asupan air minum, yakni sekitar delapan hingga sepuluh gelas setiap hari.

Jangan terlalu banyak duduk
Meskipun tubuh terasa berat dan cenderung mudah lelah, ada baiknya ibu hamil tidak terlalu sering duduk dalam waktu yang terlalu lama, apalagi dalam waktu yang lama. Bagi ibu hamil yang juga pekerja kantoran, cobalah untuk sering-sering menyempatkan waktu untuk bergerak meskipun itu hanya untuk berjalan kaki secara santai. Hal ini diyakini akan sangat efektif mencegah sembelit yang bisa berimbas pada munculnya wasir.

Baca Juga:  Wanita Butuh Lebih Banyak Cairan Dibanding Pria

Melakukan peregangan dan yoga
Dengan melakukan peregangan atau yoga, maka kita bisa membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar dan menurunkan resiko terkena wasir.