Agar Ibu Hamil Tetap Fit, Lakukan Hal ini

DokterSehat.Com – Setiap ibu hamil tentu harus menjaga kesehatannya agar janin di dalam kandungannya bisa tumbuh dengan maksimal. Tak hanya rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan, ibu hamil juga bisa melakukan hal-hal berikut agar bisa tetap fit dan tidak mudah jatuh sakit.

doktersehat-senam-ibu-hamil-yoga-mencegah-wasir

Mengatur pola makan
Hal paling utama yang harus diperhatikan oleh ibu hamil adalah pola makan. Mereka tak lagi bisa mengkonsumsi makanan secara sembarangan karena bisa berpengaruh langsung bagi perkembangan sang buah hati di dalam rahim. Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan kaya akan nutrisi. Sayuran dan buah-buahan sebaiknya selalu dikonsumsi secara rutin. Selain itu, pastikan ibu hamil tidak kekurangan asupan protein, asam lemak omega 3, dan juga mineral. Ibu hamil bisa meminta saran ke dokter agar bisa mendapatkan tips diet yang tepat dan sehat.

Tetap berolahraga
Banyak orang yang berpikir jika ibu hamil sebaiknya kerap beristirahat dan tidak banyak melakukan aktifitas fisik layaknya berolahraga. Padahal, menurut pakar kesehatan, ibu hamil sebaiknya tetap berolahraga demi kesehatan fisik dan juga psikisnya. Hanya saja, ada baiknya olahraga yang dilakukan adalah yang cukup ringan layaknya berjalan kaki, latihan pernafasan, atau yoga. Melakukan latihan pernafasan bahkan bisa menjadi persiapan untuk kelancaran proses persalinan nantinya.

Jangan stress
Ada baiknya ibu hamil tidak mudah terkena stress karena andai ini terjadi, maka mereka bisa mengalami sakit kepala dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Andai ibu hamil tetap bekerja, kerap-keraplah mengambil jeda untuk melihat pemandangan hijau agar tidak mudah stress. Tips lain agar ibu hamil tidak mudah terkena stress adalah dengan mendengarkan musik yang disukai, membaca buku, atau pergi ke tempat wisata di akhir pekan.

Baca Juga:  Meskipun Ketubannya Pecah Dini, Ibu Ini Berhasil Menyelamatkan Janinnya Hingga Melahirkan

Sering mengobrol bersama dengan ibu hamil lainnya
Meskipun terlihat sepele, berbagi pengalaman dan informasi dengan ibu hamil lainnya ternyata bisa berpengaruh besar pada psikologis ibu hamil. Dengan mendapatkan banyak informasi atau setidaknya memiliki teman dalam menghadapi kehamilan, ibu hamil akan menjadi jauh lebih siap dan lebih tenang.