Agar Fungsi Tiroid Tubuh Berjalan Dengan Baik, Lakukan Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Fungsi tiroid dalam tubuh sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sayangnya, kadangkala fungsi tiroid ini bisa mengalami gangguan layaknya hipotiroid atau hipertiroid. Hipertiroid sendiri bisa dijelaskan sebagai sebuah gangguan dimana tiroid dalam tubuh terlalu aktif dan bisa membuat jantung berdebar-debar dan berat badan terus menurun. Sebaliknya, hipotiroid atau kondisi dimana kelenjar tiroid kurang aktif sebagaimana normalnya, akan membuat otot menjadi lebih mudah lelah dan berat badan kita pun terus naik. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kita melakukan beberapa hal seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-olahraga-exercise-lari-sehat-minum-air-putih

Hal pertama yang dapat kita lakukan untuk menjaga fungsi tiroid tubuh adalah dengan mengendalikan konsumsi gula, kafein, atau bahkan alkohol. Ketiga bahan minuman ini cenderung mampu menaikkan kadar kolesterol jahat tubuh jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak. Jika hal ini terjadi, maka kelenjar tiroid bisa terganggun fungsinya. Pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya konsumsi gula dibatasi hanya lima sendok teh saja sehari, sementara itu, kopi juga dibatasi maksimal hanya dua cangkir sehari. Jika perlu, kita menghindari minuman beralkohol demi kebaikan kesehatan tubuh.

Selain membatasi konsumsi beberapa jenis minuman, ada baiknya kita mulai mengkonsumsi sayuran kale dengan tidak berlebihan. Kale ternyata memiliki kandungan goitrogen yang akan mampu menekan fungsi tiroid sehingga bisa terganggu. Selain itu, goitrogen juga mampu membatasi kemampuan tubuh dalam menyerap yodium. Selain itu, sayuran sejenis kale layaknya brokoli, kembang kol, atau bahkan kol juga sebaiknya dibatasi agar tidak berlebihan.

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga fungsi tiroid adalah dengan mengkonsumsi minuman yang disaring terlebih dahulu. Tanpa kita sadari, air minum yang kita konsumsi banyak yang mengandung fluoride dan klorine dengan kadar yang berlebihan. Padahal, dua mineral ini mampu membuat produksi hormon tiroid terganggu.

Baca Juga:  Mencegah Premenstrual Syndrome Dengan Pola Makan Sehat

Untuk memastikan fungsi tiroid dalam tubuh tetap terjaga, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan beberapa gerakan yoga yang mampu menstimulasi fungsi tiroid layaknya pose cat cow. Dengan kelenjar tiroid yang berfungsi secara normal, kita pun akan lebih baik dalam menjaga kesehatan tubuh.