Agar Daya Tahan Tubuh Anak Semakin Kuat dan Tidak Mudah Jatuh Sakit, Berikan Makanan Ini

DokterSehat.Com– Setiap orang tua tentu ingin anaknya selalu berada dalam kondisi yang sehat dan tidak mudah jatuh sakit. Demi mencegah datangnya masalah kesehatan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa orang tua sebaiknya memberikan asupan makanan berikut ini yang bisa semakin mendukung daya tahan tubuh anak dengan lebih baik.

doktersehat-anak-makan-sayur

Yoghurt
Salah satu produk turunan susu ini kaya akan kandungan probiotik. Tak hanya baik bagi saluran pencernaan, kandungan ini juga bisa menjadi pelindung utama dari zat dan bakteri pemicu peradangan. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa anak yang rutin makan yoghurt cenderung menurunkan resiko terkena radang tenggorokan, flu, dan infeksi telinga hingga 19 persen lebih rendah.

Jahe
Meskipun memiliki sensasi rasa pedas atau hangat yang belum tentu disukai anak, cobalah memberikan anak jahe dalam bentuk minuman atau campuran makanan lainnya karena bahan rempah ini kaya akan kandungan gingerol yang mampu menurunkan infeksi sekaligus melawan berbagai jenis kuman berbahaya layaknya e.Coli dan Salmonella.

Ubi manis
Tak hanya memiliki rasa yang manis dan mengenyangkan, ubi manis kaya akan kandungan vitamin A yang bisa mendukung kesehatan mata sekaligus mencegah datangnya infeksi, khususnya yang terjadi pada saluran pernafasan.

Kacang kenari
Berikan kacang kenari sebagai camilan bagi anak karena kacang ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan resiko terjadinya infeksi saluran pernafasan pada anak-anak. Kacang kenari juga kaya akan kandungan selenium, tembaga, vitamin E, serta seng yang bisa mendukung kekuatan sistem kekebalan tubuh anak.

Daging merah yang tidak memiliki lemak
Pilihlah daging merah yang tidak memiliki kandungan lemak karena makanan ini sangatlah kaya akan seng dan zat besi yang bisa meningkatkan respons sel sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai macam infeksi.