Agar Bisa Tidur Lebih Cepat, Cobalah Untuk Menurunkan Suhu Tubuh

DokterSehat.Com – Salah satu penyebab kita susah untuk tidur atau bahkan mengalami gangguan tidur adalah suhu udara yang panas dan lembab. Memang, suhu yang panas dan lembab akan membuat tubuh kita sangat tidak nyaman sehingga sulit untuk tidur dengan terlelap. Pakar kesehatan Phyllis Zee menyebutkan jika suhu yang lebih dingin dan nyaman memang akan membuat kita lebih cepat tertidur. Tak hanya dengan memakai kipas angin atau AC, kita juga bisa menurunkan suhu tubuh agar bisa tertidur dengan cepat. Apa yang bisa kita lakukan agar suhu tubuh kita bisa menurun?

doktersehat-tidur-pasangan

Minum Air Putih
Suhu yang panas akan membuat kita banyak mengeluarkan keringat sehingga kita beresiko mengalami dehidrasi. Untuk mengimbanginya, ada baiknya kita juga mencukupi asupan air putih sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Mandi, Tapi Jangan Memakai Air yang Terlalu Dingin
Mandi dengan air yang dingin dan menyegarkan tentu akan membuat tubuh merasa jauh lebih nyaman saat udara sangatlah panas. Sayangnya, ada baiknya kita tidak mandi dengan suhu air yang terlalu dingin mengingat air dingin ini bisa membuat pembuluh darah menyempit dan berkontraksi. Hal ini justru akan membuat suhu tubuh meningkat dan sangat tidak nyaman.

Memakai Pakaian yang Tipis, Longgar, dan Cerah
Pakaian yang tipis, longgar, dan berwarna cerah, apalagi yang memiliki bahan yang menyerap keringat akan membuat suhu tubuh kita tidak terlalu panas sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan kita pun akan menjadi lebih cepat tertidur.

Perhatikan Kenyamanan Kamar Tidur
Kamar tidur yang nyaman akan membuat kita menjadi lebih cepat tertidur. Untuk mendapatkannya, ada baiknya kita membuka ventilasi agar sirkulasi udara menjadi lebih baik dan suhu kamar menurun. Tak hanya itu, cobalah untuk memakai kasur yang lebih tipis sehingga kita tidak akan kepanasan.