Agar Bisa Terbebas Dari Karang Gigi, Rutin-Rutinlah Berkumur Setelah Makan

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan gigi yang sangat ditakuti oleh banyak orang adalah karang gigi. Bagaimana tidak, karang gigi inilah yang akan membuat kita terkena banyak masalah gigi dan mulut lainnya layaknya gusi yang membengkak, gusi yang beradah, nyeri dan peradangan pada gusi, masalah penyerapan kalsium pada tulang, bau mulut, hingga gigi yang semakin menguning dan terlihat sangat buruk. Tak hanya itu, karang gigi juga penuh dengan berbagai macam bakteri yang bisa saja setiap saat membuat kondisi kesehatan gigi kita menjadi lebih buruk. Lantas, apakah ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah munculnya karang gigi?

doktersehat-sakit-karang-gigi

Pakar kesehatan menyebutkan jika kita harus rutin menggosok gigi setidaknya sebelum tidur agar terbebas dari masalah karang gigi. Namun, kita juga harus rutin untuk melakukan pemeriksaan gigi setidaknya sekali dalam enam bulan. Selain itu, ada sebuah tips unik yang bisa kita lakukan untuk mencegah masalah ini, yakni dengan rutin berkumur setelah makan besar.

Mengapa kita harus segera berkumur setelah makan? Pakar kesehatan menyebutkan jika kita harus segera melakukannya apapun jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi. Dengan melakukannya, kita akan secara efektif menghilangkan berbagai sisa makanan yang bisa saja masih menempel pada gigi dan jika dibiarkan begitu saja akan berkembang menjadi plak dan membentuk karang gigi. Jika diperlukan, bahkan akan lebih baik jika kita berkumur dengan memakai mouthwash karena berbagai sisa makanan dan kotoran ini bisa benar-benar dibersihkan dengan maksimal.

Ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk mencegah munculnya karang gigi; yakni jika kita termasuk penyuka minuman manis atau minuman bersoda, alih-alih menenggaknya langsung dari gelas atau botol, cobalah untuk memakai sedotan sehingga kita pun meminimalisir sentuhan antara gigi dan juga kandungan gula yang bisa membuat masalah bagi kesehatan gigi dan mulut.