Agar Bibir Kita Tidak Kering Selama Berpuasa

DokterSehat.Com – Berpuasa seharian penuh bisa membuat tubuh kita merasa lapar dan dahaga. Jika kita tidak pandai mengatur asupan air saat sahur atau berbuka, kita juga beresiko mengalami masalah dehidrasi. Namun, masalah kesehatan yang lebih sering muncul akibat melakukan ibadah puasa adalah adanya bau mulut dan juga bibir yang kering dan pecah-pecah. Sebenarnya hal ini cukup normal terjadi mengingat semenjak pagi hingga sore kita tidak meminum cairan apapun dalam waktu yang lama. Namun, bibir kering dan mudah pecah-pecah ini bisa memicu rasa sakit, kulit bibir yang terkelupas, dan kadangkala membuat bibir terluka. Lantas, adakah cara efektif agar bibir kita tidak mudah kering dan pecah-pecah pada bulan nan suci ini?

doktersehat-wanita-bibir-pecah-kering-chapped-lips-keriput

Pakar kesehatan berkata jika kunci menjaga kelembaban bibir saat berpuasa adalah dengan memperbanyak asupan air putih, khususnya di saat santap sahur atau berbuka puasa. Ingatlah bahwa kita berpuasa dalam jangka waktu yang lama, yakni sekitar 13-14 jam sehingga jika kita tidak banyak meminum air putih, dikhawatirkan bibir kita tidak akan mendapatkan kelembaban yang cukup. Selain asupan air putih, konsumsi makanan juga harus kita perhatikan. Pada bulan puasa ini, ada baiknya kita mulai mengurangi makanan dengan rasa cenderung asin maupun pedas. Bagaimana tidak, kedua jenis makanan ini biasanya kaya akan kandungan garam dan cairan pun akan lebih mudah terikat garam di dalam tubuh. Hal ini akan memicu tubuh kita mengalami dehidrasi dan semakin mudah haus.

Jika kita memiliki lipbalm, jangan ragu untuk memakainya di bulan puasa. Lipbalm bisa membuat bibir kita tetap lemban dan tidak mudah kering dan pecah-pecah. Untuk pemakaian di siang hari, lipbalm dengan kandungan SPF yang melindungi juga sangat disarankan. Kita juga bisa melakukan scrubbing dengan memakai lipbalm atau campuran gula dan madu. Setelah itu, sikat bibir dengan sikat gigi dan bilaslah dengan air hingga bersih. Jangan lupa gunakan lipbalm setelahnya untuk menjaga kelembabannya. Scrubbing ini juga sangat disarankan dilakukan saat kita masih boleh makan atau minum.