Agar Bayi yang Dilahirkan Nantinya Cerdas, Ibu Hamil Harus Melakukan Ini

DokterSehat.Com– Siapa sih orang tua yang tidak ingin anaknya cerdas dan sehat? Untuk mendapatkannya, ibu hamil bisa melakukan berbagai hal berikut ini yang akan mendukung kecerdasan bayi.

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan

Tetap aktif
Meskipun mudah lelah dan diminta untuk selalu berhati-hati dengan kondisi kandungannya, ada baiknya ibu hamil tetap aktif melakukan berbagai aktifitas serta tetap rutin melakukan olahraga. Beberapa olahraga yang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil adalah yang ringan-ringan seperti berjalan kaki. Dengan badan terus bergerak, tubuh akan memproduksi hormon yang akan mendukung perkembangan otak bayi.

Memberi perhatian pada janin
Berbicara pada janin sambil mengelus perut, bernyanyi, atau memperdengarkan musik bisa membantu perkembangan otak janin menjadi lebih cerdas.

Menjaga kadar hormon tiroid dalam tubuh
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kadar hormon tiroid yang tidak seimbang bisa mempengaruhi perkembangan bayi, khususnya kecerdasannya. Pastikan untuk menjaga asupan garam agar seimbang dan tidak berlebihan serta mengkonsumsi yoghurt demi menjaga keseimbangan kadar hormon tiroid.

Minum suplemen
Beberapa jenis suplemen dan vitamin yang kaya akan kandungan asam folat bisa dikonsumsi demi mendukung perkembangan sel otak bayi tetap maksimal.

Menjaga berat badan
Meskipun ibu hamil memang sebaiknya menambah berat badannya. Namun, berat badan yang berlebihan juga bisa memicu kelahiran prematur yang tentu berpengaruh pada kecerdasan otak bayi.

Banyak mendapatkan asupan sinar matahari
Dengan kerap terpapar sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D, maka kesehatan tulang ibu kan terjaga dan menurunkan resiko terkena preeklampsia. Bahkan, kerap terpapar sinar matahari pagi disebut-sebut mencegah kelahiran bayi dengan down syndrome.

Menjaga kesehatan mental
Ibu yang cenderung stress atau mudah cemas akan memberikan dampak serius bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Tak hanya bisa memicu kelahiran prematur atau kelahiran dengan berat badan yang kurang, hal ini juga bisa mengganggu kecerdasan janin nantinya. Karena alasan inilah ibu hamil sebaiknya selalu menjaga pikirannya tetap positif dan kerap mendapatkan dukungan atau hiburan agar bisa tetap bahagia.