Agar Anak yang Lahir Nantinya Tidak Mengalami Bibir Sumbing, Lakukan Hal ini

DokterSehat.Com – Proses persalinan adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh orang tua sekaligus menjadi hal yang sangat mencemaskan. Selain membuat sang ibu hamil mempertaruhkan nyawanya untuk melahirkan, pada saat inilah orang tua berharap-harap cemas anaknya bisa terlahir dengan kondisi sempurna tanpa adanya kecacatan apapun. Sayangnya, ada beberapa bayi yang terlahir dengan kondisi bibir sumbing yang tentu akan membuat mereka kesulitan untuk belajar mengucapkan kata-kata di kemudian hari. Apakah ad acara agar bayi tidak terlahir dengan kondisi bibir sumbing?

doktersehat-bayi-rambut-rontok-tidak-boleh-minum-air-putih-bawah-enam-bulan

Pakar kesehatan menyebutkan jika hal pertama yang harus dilakukan oleh ibu hamil untuk mencegah anaknya terkena masalah bibir sumbing adalah dengan memperbanyak asupan suplemen asam folat selama masa kehamilan. Andai asupan asam folat ini kurang, maka resiko anak yang terlahir mengalami masalah bibir sumbing atau kecacatan lainnya cukup tinggi. Memang, hal ini masih menjadi perdebatan banyak pakar kesehatan, namun, ada baiknya ibu hamil memang mencukupi asupan asam folat dan jika diperlukan, konsumsilah suplemen asam folat pada dua bulan pertama kehamilan, fase dimana janin mengembangkan langit-langit mulut bayi dan bibirnya.

Ibu hamil juga sebaiknya menghindari konsumsi beberapa obat tertentu untuk mencegah bayi terkena masalah bibir sumbing. Sebagai contoh, obat benzodiazepine yang banyak diberikan pada penderita insomnia dan kecemasan, obat antikonvulsan yang diberikan pada penderita epilepsy atau kejang-kejang lainnya, dan juga kortikosteroid. Obat-obatan ini bisa memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan dan perkembangan bayi di dalam kandungan, khususnya jika diberikan di fase awal kehamilan. Dalam beberapa kasus, obat-obatan ini juga bisa memicu kelahiran bayi secara premature.

Andai ibu hamil sakit atau mengalami masalah kesehatan tertentu, ada baiknya segera berkonsultasi pada dokter mengenai obat-obatan apa saja yang bisa dikonsumsi dengan aman sehingga tidak akan berdampak buruk bagi buah hatinya.