Agar Anak Tidak Menjadi Pemilih Saat Makan

DokterSehat.Com – Mendidik anak adalah salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan oleh orang tua manapun di dunia. Bagaimana tidak, jika kita sedikit saja keliru dalam mendidiknya, bisa jadi kita justru membuatnya menjadi anak yang nakal atau bahkan kurang sehat. Salah satu masalah yang banyak dialami oleh orang tua dalam mendidik anak adalah dalam hal memberikan makanan sehari-hari. Pasti banyak orang tua yang mengeluh anaknya menjadi anak yang pemilih dan hanya mau mengkonsumsi makanan yang itu-itu saja. Ditakutkan anak akan kekurangan asupan nutrisi sehari-hari yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhannya. Tak hanya itu, jika anak ternyata hanya menyukai makanan-makanan yang tidak sehat, tentu Ia akan mengalami resiko terkena berbagai penyakit, bukan? Lantas apa yang harus kita lakukan?

doktersehat-anak-makan-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan jika orang tua harus lebih pandai dalam memahami selera makan sang anak. Sebagai contoh, banyak orang tua yang memaksakan menyuapi anak saat anak tidak merasa lapar. Hal ini ternyata bisa memicu trauma dan enggan mengkonsumsi makanan ini di kemudian hari. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya orang tua lebih pandai dalam menata jadwal makan sang anak sehingga setidaknya anak bisa makan besar dua hingga tiga kali sehari dengan kadar gizi yang sehat dan diselingi dengan beberapa camilan yang juga bergizi.

Mengatur menu makanan bagi anak juga bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Dalam beberapa kasus, ada anak yang tidak menyukai menu makanan yang baru, namun, ada pula anak yang bosan dengan makanan yang itu-itu saja dan mengharapkan ada menu makanan baru. Untuk menyiasati hal ini, komunikasi dengan anak atau setidaknya melibatkan anak saat menyiapkan makanan bisa membuat anak menjadi lebih bersemangat untuk makan. Selain itu, cobalah untuk membuat makanan anak semenarik mungkin sehingga memicu nafsu makannya bangkit.

Baca Juga:  Ancaman Penyakit Bagi Pecinta Dunia Maya

Saat anak makan, jika diperlukan kita juga ikut makan sehingga anak pun bisa mencontoh orang tua dalam memakan makanan yang sehat dan kaya nutrisi. Biasanya, anak memang akan cenderung meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Selain itu, cobalah untuk membiasakan anak makan dengan tenang tanpa gangguan televisi, gadget, atau bahkan mainan yang biasanya bisa membuat anak enggan menghabiskan makanannya.