Agar Anak Terhindar Dari Obesitas, Bantulah Anak Untuk Tidur Lebih Cepat

DokterSehat.Com – Belakangan ini, berita tentang anak yang mengalami masalah obesitas yang cukup parah telah sangat viral dan menjadi bahasan yang hangat oleh berbagai kalangan. Karena ada berita ini, kini banyak orang tua yang khawatir jika anaknya nantinya juga mengalami obesitas, apalagi yang memang semenjak kecil cenderung berbadan gemuk dan menggemaskan. Untungnya, pakar kesehatan menyebutkan jika ada cara agar orang tua mencegah anaknya terhindar dari obesitas. Cara tersebut adalah dengan membantu anak untuk tidur lebih cepat setiap malamnya.

doktersehat-anak-kecil-kegemukan-obesitas

Tips ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University, Columbus, Amerika Serikat. Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini; Sarah Anderson, menyebutkan jika anak-anak yang tidur lebih awal cenderung beresiko lebih rendah untuk terkena masalah berat badan berlebihan dimana jika anak-anak yang masih belum bersekolah sudah tidur pada jam 8 malam, maka resiko untuk menjadi lebih gemuk pada 10 tahun kemudian akan jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan anak yang tidur pada waktu lebih dari jam 9 malam.

Anderson mengungkapkan jika penelitian ini melibatkan data dari 977 anak yang terlahir pada tahun 1991 dan diteliti perkembangan berat badannya hingga mereka berusia 15 tahun. Penelitian ini kemudian mengecek kebiasaan tidur sang anak saat berusia 4 tahun setiap malamnya dan diketahui jika sebagian anak tidur setelah jam 8 malam hingga sebelum 9 malam. Sisanya, 25 persen tidur jam 8 malam dan 25 persen lainnya tidur setelah jam 9 malam. Setelah anak tersebut berusia 15 tahun, diketahui jika mereka yang pada usia 4 tahun tidur lebih dari jam 9 malam akan cenderung lebih mudah mengalami kegemukan di usia remaja dengan rasio. 10 persen pada keompok yang tidur antara jam 8 hingga jam 9, 16 persen pada anak yang tidur jam 8 malam, dan 23 persen bagi anak yang tertidur setelah jam 9 malam.

Baca Juga:  Mengenal Fungsi Ginjal Lebih Jauh

Anderson menyarankan orang tua untuk memberikan waktu bagi anaknya untuk setidaknya membacakan cerita dongeng, atau sekadar memberikan susu hangat agar anaknya bisa segera tidur cepat. Dengan melakukan hal ini, anak pun lebih rendah beresiko terkena obesitas, sekaligus semakin mempererat ikatan emosional orang tua dan anak.