Agar Anak Tak Mudah Terkena Cacar Air

DokterSehat.Com – Cacar air adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh adanya virus varicella-zoster dan kerap kali menyerang anak-anak atau masa remaja yang sedang berada dalam fase pertumbuhan. Penyakit yang memiliki nama lain berupa chickenpox ini memang cenderung tidak berbahaya. Hanya saja, cacar air sangatlah mudah menular, khususnya bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang sangat buruk sehingga infeksi cacar air pun bisa sangat berat. Berbagai bentuk penularan cacar air yang umum terjadi di tengah-tengah masyarakat adalah adanya kontak langsung pada kulit atau bahkan sekadar dari bersin atau batuk yang dilakukan oleh penderita cacar air. Singkat kata, cacar air bisa menyerang mereka yang tinggal dekat dengan penderitanya dengan mudah.

doktersehat-cacarair-cacar-air-varicella-campak-Henoch-Schonlein-Purpura-HSP

Gejala dari cacar air biasanya dimulai dengan adanya demam dan panas. Setelah itu, muncullah bintik-bintik dengan warna merah yang biasanya cenderung bearir namun terasa sangat gatal dan muncullah cacar air. Dikarenakan penyakit ini bisa sangat merepotkan dan bisa menyebabkan bekas luka atau bopeng yang sulit untuk dihilangkan sehingga bisa merusak kepercayaan diri, maka kita tentu harus pandai-pandai menjaga kesehatan anak agar tidak mudah terkena penyakit ini. Sebagai contoh, jika ada salah satu anggota keluarga terkena cacar air, maka sebisa mungkin penderitanya hidup cukup terpisah dengan anggota keluarganya sehingga penularan pun bisa diminimalisir sebaik mungkin. Penderita cacar air juga diharapkan tidak sering-sering muncul di tempat umum layaknya sekolah atau tempat perkantoran dan sebaiknya berada di rumah saja untuk perawatan yang lebih maksimal dan bisa segera berangsur-angsur sembuh.

Cacar air sendiri bisa dicegah dengan pemberian vaksin yang bisa menjaga tubuh agar tidak terkena penyakit ini. Selain itu, kita tentu harus segera memeriksakan diri jika terkena infeksi virus zika ke dokter terdekat untuk penanganan kesehatan yang tepat. Beberapa jenis obat layaknya obat antivirus bisa diberikan pada penderita cacar air dengan kondisi yang berat sehingga masalah cacar air inipun bisa segera mereda.