Agar Anak Rajin Menyikat Giginya Sendiri, Lakukan Hal Seru Berikut Ini

DokterSehat.Com – Mengajari anak untuk menyikat giginya sendiri adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Seringkali anak cenderung malas untuk melakukannya, apalagi jika Ia sudah mengantuk saat malam hari. Agar gigi anak tidak mengalami masalah kesehatan layaknya gigi geripis atau gigi berlubang, ada baiknya kita melakukan hal-hal yang seru berikut ini agar anak mau menyikat giginya sendiri.

doktersehat-sikat-gigi-kotor-kuman-kamar-mandi

Menyikat gigi bersama
Pakar kesehatan menyebutkan jika anak-anak belajar dengan meniru apa yang dilakukan oleh orang-orang terdekat mereka. Andai kita kerap mengajarkan anak untuk menyikat gigi bersama, maka anak pun akan cenderung dengan senang hati melakukannya. Selain bisa membiasakannya rutin menyikat gigi, kita juga bisa memberikan contoh langsung tentang cara menyikat gigi yang tepat. Hal ini tentu akan membuat kesehatan gigi dan mulutnya tetap terjaga.

Membiarkan anak memilih sikat giginya
Salah satu cara sederhana yang bisa membuat anak rajin menyikat gigi adalah dengan membiarkannya memilih sikat giginya sendiri saat kita berada di toko atau swalayan. Andai Ia memilih sikat gigi dengan desain yang lucu, maka ada kemungkinan besar Ia mau rutin menyikat giginya setiap hari. Hanya saja, ada baiknya orang tua juga harus memperhatikan sikat gigi yang dipilih anak karena sikat giginya sebaiknya memiliki bentuk kepala yang baik dan cukup lembut untuk tidak melukai gusinya.

Membacakan dongeng yang berkaitan dengan kesehatan gigi
Ada beberapa dongeng yang memang dibuat agar anak mau menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Tak perlu harus mencari buku dongeng, kita bisa mencari cerita dongeng ini di internet dan kita bisa membacakannya sebelum Ia tertidur. Dengan membacakan dongeng ini, diharapkan anak akan lebih mudah mengerti apa resiko kesehatan pada gigi dan mulutnya andai Ia tidak mau menyikat giginya secara rutin.