Agar Anak Lebih Cerdas, Ibu Hamil Sebaiknya Melakukan Kebiasaan Ini

DokterSehat.Com – Setiap ibu hamil tentu ingin melahirkan bayi yang sehat secara fisik dan mental. Tak hanya itu, ibu hamil juga berharap agar anak yang dilahirkannya nanti tumbuh menjadi anak yang cerdas. Menurut pakar kesehatan, kecerdasan dan juga kepribadian anak memang bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Hanya saja, ibu hamil juga bisa melakukan kebiasaan ini agar bisa melahirkan anak yang cerdas.

doktersehat-kehamilan-hamil

Sering menikmati sinar matahari pagi
Pakar kesehatan berkata jika ibu hamil yang rutin menikmati sinar matahari pagi setidaknya selama 20 menit akan membuat mereka mendapatkan asupan vitamin D yang baik bagi kesehatan kehamilan, khususnya dalam membuat tulang dan jantung janin semakin kuat, sekaligus membuatnya menjadi semakin cerdas.

Melakukan olahraga ringan
Ibu hamil yang cukup aktif dalam melakukan olahraga ringan ternyata bisa membantu perkembangan kecerdasan janin dengan maksimal. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon yang bisa menembus plasenta dan menyebabkan aliran zat-zat yang membuat bahagia pada janin semakin lancar. Hal ini akan membuat perkembangan neuron pada hipokampus, salah satu bagian otak yang beratnggung jawab pada daya ingat dan navigasi ruangan, menjadi semakin baik.

Mengajak janin di dalam perut bercerita
Saat usia kehamilan mencapai 16 minggu, janin di dalam kandungan sudah bisa mulai mendengar. Sat usia kehamilan mencapai 27 minggu, maka koneksi antara telinga dan otak sudah terbentuk. Jika ibu hamil mau mengajak janin bercerita atau mendongeng, maka kemampuan berbahasa bayi pun akan berkembang dengan lebih baik.

Mendengarkan musik
Janin di dalam kandungan ternyata suka mendengarkan musik karena bisa membantu tubuh memproduksi hormon bahagia layaknya serotonin. Lagu-lagu yang menenangkan namun sederhana bisa membantu mereka semakin tenang sekaligus membuat mereka menjadi lebih cerdas.

Baca Juga:  Ibu Hamil yang Ingin Berolahraga Harus Memperhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Memijat perut dengan lembut
Saat usia kehamilan mencapai 20 minggu, usapan atau pijatan lembut pada perut ternyata bisa membuat bayi merasa tenang sekaligus membantu perkembangan kecerdasannya dengan maksimal.