Aerobik, Olahraga yang Sangat Baik Bagi Para Lansia

DokterSehat.Com – Masa lanjut usia kerap kali dianggap sebagai masa dimana orang tua harus banyak beristirahat demi kondisi tubuh mereka. Padahal, orang lanjut usia seharusnya juga tetap menjalankan gaya hidup sehat layaknya rutin berolahraga agar mereka tetap dalam kondisi sehat dan bugar setiap saat. Salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan bagi orang tua adalah olahraga aerobik.

doktersehat-orangtua-panjang-umur-diet mediterania

Pakar kesehatan yang berasal dari University of British Columbia di Vancouver, Kanada, menyebutkan jika olahraga aerobic memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan orang tua, baik itu dalam menjaga kesehatan pembuluh darah hingga kesehatan otak. Dengan rutin melakukan aerobik, maka para lansia pun akan memiliki tekanan darah yang normal sehingga kesehatan organ kardiovaskularnya tetap terjaga sekaligus menjaga tubuh tetap bugar. Selain itu, tekanan darah yang normal juga akan membuat kemampuan berpikir para lansia menjadi semakin membaik.

Pakar kesehatan Teresa Liu Ambrose, yang juga berasal dari universitas yang sama, mengungkapkan jika para lansia yang rutin melakukan aerobik akan menurunkan resiko terkena hipertensi sehingga mereka pun mampu menurunkan resiko terkena Alzheimer atau demensia. Selain itu, kerusakan pada pembuluh darah besar dan kecil pada otak juga bisa dihindari.

Ambrose dan tim pakar kesehatan melakukan penelitian yang melibatkan 70 orang partisipan yang memiliki usia rata-rata 74 tahun dan diketahui mereka mengalami kerusakan kognitif otak yang ringan. Para partisipan ini pun kemudian diminta untuk melakukan aerobic secara rutin dan diketahui bahwa kemampuan berpikir para lansia ini mengalami perbaikan hingga 1,7 poin jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Dengan adanya hasil penelitian ini, maka diharapkan para lansia rutin melakukan olahraga aerobic agar mereka bisa mendapatkan tubuh yang semakin sehat dan bisa menikmati hidup di masa pensiun dengan lebih baik.