Aerobik, Cara Tepat Menjaga Kesehatan Jantung

DokterSehat.Com – Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Hal ini dikarenakan jantung yang merupakan kumpulan dari beberapa otot akan menjadi semakin kuat karena sering dilatih. Pakar kesehatan menyebutkan jika bahkan olahraga santai layaknya berjalan kaki selamai 30 menit jika rutin secara dilakukan bisa menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular hingga dua kali lebih rendah. Namun, jika kita ingin benar-benar mendapatkan dampak kesehatan yang baik bagi jantung, ada baiknya kini kita juga bisa melakukan olahraga aerobilk.

doktersehat-jantung-calcium-channel-blocker-pembuluh-darah-obat-a-z

Pakar kesehatan menyebutkan jika aerobik termasuk dalam olahraga yang baik bagi jantung selain bersepeda, jogging, bersepakbola, berenang, hingga melakukan latihan beban di pusat kebugaran. Namun, aerobik bisa memberikan manfaat lebih baik dengan membuat kita membakar kalori dengan lebih banyak, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat, dan justru meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. American Hearth Association bahkan sangat merekomendasikan olahraga ini meskipun pada awalnya bisa diawali dengan olahraga santai dahulu layaknya jogging dan kemudian baru ditingkatkan intensitasnya menjadi aerobik.

Menurut pakar kesehatan dari American Hearth Association, dengan melakukan latihan aerobik setidaknya 30 menit lima kali dalam seminggu sudah sangat efektif untuk memelihara kesehatan jantung. Namun, jika kita tidak memiliki banyak waktu, latihan aerobik dengan intensitas yang tinggi selama 25 menit dalam 3 kali seminggu juga bisa menjadi pilihan. Selain itu, kita juga bisa mengkombinasikannya dengan latihan beban yang ringan-ringan saja dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan otot. Hanya saja, jika kita ingin mendapatkan hasil tekanan darah dan kolesterol jahat semakin menurun, cobalah untuk melakukan aerobik dengan intensitas sedang selama 40 menit dan 4 kali dalam seminggu.