Adakah Waktu Khusus Bagi Kita Untuk Mengkonsumsi Air Hangat Atau Air Dingin?

DokterSehat.Com – Kita tentu telah sering mendengar saran dari pakar kesehatan untuk mengkonsumsi air putih setidaknya dua liter per hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, air juga akan membantu proses detoksifikasi tubuh dan juga membantu banyak sistem yang bekerja pada tubuh. Hanya saja, kita tentu jarang mendengar kapankah saat terbaik bagi kita mengkonsumsi air dingin atau air yang cenderung hangat. Padahal, banyak orang yang cenderung menyukai konsumsi air dingin saja atau air hangat saja sesuai dengan seleranya.

7190209429_529e3f07ca_o

Pakar kesehatan sendiri masih melakukan banyak perdebatan untuk hal ini. Belum ada informasi yang detail mengenai kapankan kita bisa mengkonsumsi air dingin atau air panas dengan tepat. Padahal, jika kita asal mengkonsumsi air dengan suhu tertentu, suhu tubuh dan kesehatan tubuh juga secara langsung bisa ikut terpengaruh. Sebagai contoh, air dingin tentu akan kontras dengan suhu tubuh yang normalnya hangat, yakni 37 derajat Celcius. Kita tentu sebaiknya tidak sembarangan meminum air dingin untuk menjaga suhu tubuh, bukan?

Pakar kesehatan menyebutkan jika saat terbaik mengkonsumsi air dingin adalah saat kita baru saja berolahraga. Suhu tubuh setelah berolahraga memang akan cenderung meningkat dan tubuh cenderung akan membutuhkan asupan cairan untuk menyeimbangkannya kembali. Dengan mengkonsumsi air dingin, maka kita pun bisa menjaga suhu tubuh agar menjadi lebih stabil. Selain itu, beberapa pakar kesehatan juga menyebutkan jika kita terkena demam, maka kita juga bisa mengkonsumsi air dingin yang dicampur sedikit garam dan perasan jeruk lemon untuk membantu menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh.

Untuk konsumsi air panas sendiri, pakar kesehatan menyebutkan jika waktu pagi hari akan sangat baik, apalagi jika kita mengkonsumsi teh atau kopi yang panas. Air hangat akan membuat saluran pencernaan terstimulasi dan pada akhirnya kita bisa melancarkan proses pencernaan dan melancarkan buang air besar. Air hangat juga akan sangat baik untuk membantu proses detoksifikasi pada tubuh sekaligus mengurangi rasa sakit jika kita sedang terkena radang atau pusing-pusing mengingat air hangat akan melancarkan aliran darah pada beberapa saraf tertentu.

Baca Juga:  Cara Mengobati Menyembuhkan Menghilangkan Jerawat