Waspada Perubahan Pada Tubuh Pria Setelah Usia 30 Tahun

DokterSehat.Com – Tidak hanya kaum hawa yang mengkhawatirkan penamilan disik seiring dengan bertambahnya usia, kaum pria juga merasa bahwa bentuk tubuh mereka semakin membesar, khususnya setelah memasuki usia 30 tahun. Disamping bentuk tubuh yang cenderung menggemuk, banyak sekali penyakit yang rentan menyerang pria dewasa. Apa sajakah perubahan pada tubuh bagi pria yang telah melalui usia 30 tahunan?

doktersehat-gemuk-gendut-obesitas

Saat masih berusia remaja atau 20 tahunan, pria biasanya berada dalam kondisi yang paling enerjik sekaligus sangat aktif dan menarik. Disamping energi yang berlebih, banyak pria yang rajin berolahraga dan melatih otot sehingga memiliki postur tubuh yang ideal. Sayangnya, setelah memasuki usia 30 tahun, pria cenderung mengalami penurunan fleksibilitas pada otot sehingga otot pun cenderung melunak. Kesibukan bekerja dan semakin menurunnya waktu untuk berolahraga biasanya menjadi penyebab menurunnya fleksibilitas serta kontraksi otot. Selain bagian otot, bagian perut dari pria yang berusia 30 tahunan biasanya semakin membesar. Hal ini terjadi karena kemampuan membakar kalori tubuh pria pun ikut menurun seiring dengan bertambahnya usia dan lemak pun cenderung bertumpuk di bagian perut.

Pria yang memasuki usia 30 tahun juga mengalami penurunan hormon testosteron sehingga gairah untuk berhubungan dengan istri pun cenderung akan menurun. Gairah ini bahkan bisa hilang dalam waktu yang lama jika disertai dengan stress dan tekanan dari pekerjaan kantor atau hubungan keluarga yang kurang harmonis. Pria yang memasuki usia 30 tahun juga cenderung memiliki resiko yang lebih besar untuk mendapatkan penyakit jantung, khususnya jika pola makan yang kurang sehat dan menambah kadar kolesterol dalam darah. Disamping itu, pria berusia 30 tahunan juga cenderung lebih besar memiliki resiko mendapatkan kanker prostat.

Baca Juga:  Mengenal Kanker Anus

Untuk menghindari perubahan kesehatan yang terlalu signifikan, pria yang memasuki usia 30 tahun sebaiknya mulai menjaga pola makan dan memperhatikan bahan makanan apa saja yang dikonsumsi sehingga makanan pun memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh dan tidak membuat masalah kesehatan baru. Meskipun sebentar, berolahraga meskipun hanya berjalan kaki juga bisa membuat tubuh tetap dalam kondisi ideal mengingat otot-otot pun cenderung lebih terlatih jika dibandingkan dengan yang tidak dibawa olahraga sama sekali.