Adakah Olahraga Yang Cocok Untuk Wanita Gemuk?

DokterSehat.Com – Tidak semua orang dilahirkan dengan bentuk tubuh yang dianggap ideal oleh masyarakat secara umum. Banyak kaum hawa yang mendambakan tubuh yang langsing dan ramping namun sayangnya tubuh yang dimiliki justru cenderung berisi atau gemuk. Jika anda adalah seseorang yang memiliki tubuh yang cenderung gemuk, anda jangan patah semangat. Gemuk atau langsing tentu tidak ada artinya jika tubuh kita tidak sehat. Sekalipun badan anda gemuk, anda tetap bisa melakukan olahraga yang bisa membuat kesehatan tubuh tetap terjaga.

doktersehat-renang-olahraga

Disamping menjaga kesehatan, olahraga yang rutin ternyata bisa membuat wanita gemuk mendapatkan badan yang ideal. Namun, hal ini tentu harus dengan olahraga yang rutin dan penuh dengan komitmen yang tinggi. Salah satu olahraga ringan yang sangat cocok bagi wanita gemuk adalah jalan kaki. Meskipun terlihat sepele, coba anda ingat-ingat seberapa jauh anda berjalan kaki belakangan ini? Penggunaan sepeda motor ternyata mengurangi kebiasaan kita berjalan kaki dan ini tidak baik untuk kesehatan. Mulailah berjalan kaki sebagai olahraga yang cenderung santai dan simpel. Dengan berjalan kaki setidaknya 10 hingga 15 menit secara rutin, anda bias menjaga kesehatan kardiovaskular dan melatih otot-otot tubuh. Jika anda mulai merasa nyaman dengan olahraga ini, jangan ragu untuk menambah durasi berjalan menjadi lebih lama.

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan wanita gemuk untuk mencoba olahraga dalam air sebagai olahraga yang ideal. Olahraga dalam air akan membantu wanita gemuk untuk mengatasi masalah persendian. Memang, olahraga air layaknya berenang sangatlah menguras tenaga. Namun, anda bisa mencoba olahraga aqua jogging atau menginjak-injakkan kaki di dalam air layaknya berjalan di kolam renang. Olahraga ini terkesan sederhana namun cukup menguras tenaga sehingga akan membuat otot-otot tubuh terlatih secara keseluruhan.

Baca Juga:  Marah-Marah Karena PMS Bisa Jadi Disebabkan Oleh Kurangnya Asupan Vitamin D

Jika anda ingin berolahraga sekaligus ingin menurunkan berat badan, anda bisa datang ke pusat kebugaran atau gym dan mencoba berbagai peralatan olahraga. Di dalam pusat kebugaran juga biasanya terdapat pelatih atau instruktur yang bisa kita tanyai pendapat mengenai peralatan atau olahraga apa yang akan cocok bagi wanita gemuk yang ingin menurunkan berat badan tanpa cedera.