Adakah Olahraga yang Aman Bagi Penderita Penyakit Jantung?

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang sangat berbahaya dan bisa saja memicu kematian mendadak adalah penyakit jantung. Karena alasan inilah penderita penyakit jantung harus menjaga gaya hidupnya tetap sehat. Sebagai contoh, mereka sebaiknya kini tidak lagi sembarangan dalam mengkonsumsi makanan tertentu. Selain itu, ada baiknya mereka juga memperhatikan aktifitas fisiknya, termasuk dalam hal melakukan olahraga.

doktersehat-olahraga-sesak-nafas

Kita bisa mengambil contoh penderita masalah kesehatan jantung yang disebut sebagai aritmia atau gangguan irama jantung. Jika penderita masalah kesehatan ini secara sembarangan melakukan olahraga atau aktifitas fisik lainnya yang terlalu berat, bisa jadi kinerja jantung terganggu yang bisa saja berimbas pada kematian.

Pakar kesehatan dr. Dicky Armein Hanafy, Sp. JP (K) yang berasal dari Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita di Jakarta menyebutkan bahwa beberapa olahraga yang termasuk disukai oleh banyak orang seperti bersepeda, jogging, atau bahkan berenang ternyata kurang dianjurkan bagi penderita penyakit jantung. Berbagai jenis olahraga tersebut memiliki sifat kompetitif yang dikhawatirkan bisa berbahaya bagi kondisi jantung.

Pakar kesehatan lainnya, Profesor. Dr. dr. Yoga Yuniadi, Sp. JP (K) yang merupakan spesialis jantung menyebutkan bahwa sebenarnya penderita penyakit jantung masih boleh melakukan berbagai aktifitas fisik. Hanya saja, pastikan untuk melakukannya dengan intensitas yang moderat agar jantung tidak bekerja dengan terlalu keras. Namun, hal ini juga masih dengan catatan tersendiri, khususnya dalam hal mengetahui secara pasti jenis kelainan aritmia yang dialami. Jika memang kondisinya dianggap cukup berbahaya, bisa jadi malah aktifitas fisik yang dilakukan harus benar-benar dibatasi hingga yang intensitas yang rendah saja. Hal ini berarti, penderita penyakit jantung memang sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menentukan jenis olahraga yang aman untuk mereka lakukan.