Adakah Cara Menghentikan Keinginan Makan Berlebih?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang kini banyak dialami oleh sebagian masyarakat adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Banyak orang yang mengaku jika masalah kelebihan berat badan ini disebabkan oleh sulitnya menghentikan keinginan makan secara berlebihan, baik itu hanya karena ingin mencicipi rasa sebuah makanan meskipun kita tidak lagi lapar. Selain masalah obesitas, jika kita tidak bisa menghentikan keinginan makan berlebih ini kita akan menambah resiko terkena penyakit diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, kanker, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Adakah cara yang efektif untuk menghentikan keinginan makan berlebihan?

doktersehat-makanan-manis-makan-berlebihan

Pakar kesehatan menyebutkan jika untuk menghentikan kebiasaan ini, kita harus melihat ke diri kita sendiri apa yang menjadi penyebab kita ingin makan terus menerus. Faktor emosional seringkali menjadi penyebab mengapa kita terus ingin makan meskipun sebenarnya sudah kenyang. Sebagai contoh, jika kita merasa bosan, lelah, stress, hingga depresi, ternyata kita memiliki kecenderungan ingin mencicipi makanan yang bisa membuat pikiran kita menjadi lebih nyaman. Selain itu, beberapa orang lain cenderung makan berlebihan karena melihat orang lain mengkonsumsi sesuatu yang terasa sangat nikmat sehingga ingin mencicipinya. Andai anda mengalami hal-hal ini, cobalah untuk meminum segelas air saat keinginan makan berlebihan muncul dan lakukanlah semacam aktifitas untuk menyibukkan diri baik itu dengan latihan fisik, atau bahkan membaca dan melakukan pekerjaan rumah tangga yang bisa membuat keinginan makan berlebihan menghilang.

Jika pengalihan keinginan makan berlebihan ini tidak mempan mengingat penyebabnya adalah kondisi psikologis, maka pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk melakukan latihan yang bisa membuat tubuh lebih rileks dan terhindar dari stress. Dengan tubuh yang lebih nyaman, kita pun akan cenderung lebih baik dalam mengatur pola makan kita dengan baik.

Baca Juga:  Tes Kesehatan Wajib Bagi Masyarakat Perkotaan

Selain itu, cobalah untuk mulai mengkonsumsi makanan dengan lebih baik tanpa adanya gangguan apapun. Beberapa orang mengaku makan dengan menonton televisi, membaca buku, atau bahkan sembari bekerja. Hal ini ternyata bisa membuat makanan menjadi terasa kurang nikmat dan kurang memuaskan dan kita pun akan segera mencari makanan lain yang bisa memuaskan keinginan kita ini. Dengan hanya fokus menikmati makanan, maka kita pun akan menjadi lebih puas dan keinginan berlebihan untuk makan pun bisa diminimalisir.