Adakah Cara Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

DokterSehat.Com – Seiring dengan bertambahnya usia, banyak fungsi tubuh yang mengalami penurunan dengan signifikan. Sebagai contoh, para lansia tentu akan mengalami penurunan dalam hal kegesitan dan juga kelincahan dalam melakukan berbagai gerakan. Selain itu, orang tua juga banyak yang mengalami masalah kepikunan atau penurunan daya ingat. Penurunan daya ingat sendiri memiliki kaitan erat dengan penurunan fungsi kognitif dalam tubuh dan hal ini bisa berlangsung semenjak usia muda. Untuk tetap menjaga fungsi kognitif bisa bertahan hingga tua, kita bisa melakukan beberapa hal berikut.

doktersehat-orangtua-demensia

Banyak orang yang berkata jika kita mau mengasah otak sejak muda hingga tua, maka fungsi kognitif kita akan terus bekerja dengan kualitas yang sama tanpa adanya penurunan yang signifikan. Membaca adalah salah satu cara termudah untuk menjaga fungsi kognitif tetap baik. Selain itu, anda juga bisa bermain teka-teki atau bahkan belajar bahasa yang baru. Otak yang tetap aktif dan melakukan banyak hal positif cenderung mampu menahan penurunan fungsi kognitif. Selain itu, cobalah untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya. Otak yang beristirahat dengan maksimal tentu akan memiliki resiko lebih kecil dalam mendapatkan masalah kognitif di kemudian hari.

Rajin-rajinlah berolahraga agar tubuh dan pikiran anda tetap sehat. Olahraga ternyata juga memiliki banyak kegunaan positif bagi fungsi kognitif. Dengan olahraga yang rutin, aliran darah ke otak dimana fungsi kognitif bekerja akan semakin lancar sehingga kualitas otak pun akan tetatp terjaga. Selain itu, cobalah untuk menghindari cedera pada kepala sebisa mungkin karena cedera ini bisa akan membuat fungsi kognitif jauh berkurang.

Jika anda adalah penderita diabetes, maka resiko untuk mendapatkan alzheimer bisa mencapai 65 persen. Anda tentu tidak ingin bukan di masa tua anda mengalami gangguan kognitif ini. Anda harus melakukan pola hidup sehat dengan mengendalikan berat badan dan rajin berolahraga sehingga bisa membuat fungsi kognitif otak bisa bertahan dengan baik.