Adakah Cara Membersihkan Telinga Dengan Aman?

DokterSehat.Com – Masyarakat masih terbagi menjadi dua kelompok; satu kelompok yang meyakini jika membersihkan kotoran telinga tidak perlu dilakukan karena tubuh sudah melakukan pembersihan alami secara rutin, dan kelompok lain yang meyakini jika pembersihan telinga harus dilakukan karena jika tidak akan membuat telinga menjadi kotor dan kurang sehat. Di dalam telinga sendiri memang terdapat kotoran alami yang disebut dari cerumen yang terdiri dari berbagai kotoran, debu, dan sel kulit mati. Uniknya, tubuh memang mampu membuat telinga membersihkan dirinya secara alami dengan mendorong keluar kotoran-kotoran tersebut. sayangnya, bagi beberapa orang, hal ini terlihat menjijikan dan jorok sehingga membuatnya sering melakukan pembersihan telinga.

ktersehat-gangguan-pendengaran

Banyak pakar kesehatan yang tidak menganjurkan pembersihan telinga dengan cara dikorek karena bisa membuat resiko kerusakan pada bagian dalam telinga akibat tertekan cotton bud atau bahkan kotoran telinga yang semakin terdorong ke dalam telinga. Dalam beberapa kasus, gendang telinga bahkan bisa tertusuk sehingga pada akhirnya menyebabkan gangguan pendengaran. Terdapat trik lain dimana telinga bisa dibersihkan dengan metode lilin yang dipanaskan dengan harapan kotoran telinga segera mencair dan mudah dikeluarkan. Sayangnya, panas dari lilin ini juga berpotensi membuat gendang telinga menderita dan rusak sehingga masalah pendengaran pun justru bisa menjadi lebih parah.

Lantas, apakah tidak ada cara membersihkan telinga dengan aman? Pakar kesehatan menyebutkan jika kita bisa memakai semacam hidrogen peroksida. Zat kimia sejumlah dua tetes ini bisa diteteskan ke telinga setidaknya 10 menit sebelum mandi. Zat kimia ini akan membuat kotoran telinga mencair sehingga bisa dibersihkan pada are daun telinga saja. Selain bagian dalam telinga dan kotorannya, kulit pada daun telinga juga harus dibersihkan secara seksama. Cobalah untuk membersihkannya setiap mandi atau memakai setetes minyak mineral yang bisa membuat daun telinga menjadi lebih lembab dan sehat.