Ada Vaksin yang Mampu Menurunkan Resiko Terkena Kanker Serviks

DokterSehat.Com – Perkembangan teknologi di dunia kesehatan memang semakin banyak membantu kehidupan umat manusia. Kini, banyak sekali pengobatan modern dan juga alternatif yang bisa dipakai oleh manusia jika jatuh sakit. Tak hanya itu, kita juga bisa mencegah munculnya berbagai macam penyakit berbahaya dengan menggunakan beberapa jenis vaksin yang sudah diuji secara klinis. Salah satu jenis vaksin yang kini mendapatkan perhatian banyak pihak adalah vaksin human pappiloma virus atau vaksin HPV. Vaksin ini telah mampu mencegah munculnya salah satu penyakit paling mematikan di dunia, yakni kanker serviks.

doktersehat-wanita-kanker-serviks

Kanker serviks, atau kanker leher rahim adalah kanker yang sangat mematikan bagi kaum wanita. Banyak wanita yang tidak menyadari adanya kanker ini pada tubuhnya sehingga pada akhirnya Ia terlambat untuk mendapatkan pengobatan yang diperlukan. Namun, dengan adanya vaksin kanker yang pertama kalinya diberikan di Negara Australia pada Senin, 29 Agustus, 10 tahun yang lalu, pakar kesehatan mengaku bahwa kasus kanker serviks baru di dunia telah berkurang sangat signifikan, yakni menurun sebanyak 50 persen.

Pakar kesehatan menyebutkan jika vaksin HPV ini mampu melindungi manusia dari beberapa jenis kanker layaknya kanker leher rahim dan juga kanker mulut atau kanker oropharyngeal yang bisa menyerang pria dan wanita. Professor Ian Frazer, salah seorang pemimpin dari Translational Research Institute bahkan menyebutkan jika vaksin ini akan secara efektif melawan kanker tersebut hingga 40 tahun lamanya. Ia pun menyebutkan jika andai kita mampu memvaksinasi semakin banyak orang, maka kita pun bisa menghilangkan resiko terkena kanker yang sangat berbahaya ini.

Sebagai informasi, data dari otoritas di Australia menunjukkan fakta bahwa dalam 10 tahun terakhir, terjadi penurunan kasus kanker serviks hingga 90 persen.