Ada Vaksin Baru yang Bisa Mencegah Penyakit Herpes Genital

DokterSehat.Com – Sebuah kabar menggembirakan kembali muncul dari dunia kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania School of Medicine berhasil menemukan sebuah vaksin yang akan mampu mencegah penularan penyakit herpes genital yang meresahkan cukup banyak orang. Seperti apakah vaksin baru ini?

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Dr. Harvey Friedman, pakar kesehatan yang merupakan professor pencegahan penyakit menular dan menulis studi ini di PLOS Pathogens, telah berhasil menguji cobakan vaksin baru ini pada monyet dan sejenis hamster yang disebut sebagai tikus belanda. Melihat hasil uji coba ini yang positif, diharapkan vaksin ini bisa segera diuji cobakan pada manusia dan bisa memberikan hasil yang kurang lebih sama atau bahkan lebih bagus.

Dr. Friedman berkata bahwa dalam membuat vaksin ini, para pakar kesehatan mencoba untuk merangsang sistem kekebalan tubuh agar mampu menyerang virus herpes simpleks tipe 2 (HSV 2), virus yang bisa menyebabkan penyakit herpes genital. Selain itu, di saat bersamaan, vaksin ini diharapkan mampu mencegah virus ini dalam melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dengan adanya sistem kerja dari vaksin ini, diharapkan kita bisa mencegah penularan penyakit herpes simpleks dengan lebih baik.

Selama ini, diperkirakan ada 500 juta orang yang membawa virus penyakit ini di seluruh dunia. Andai seseorang terkena herpes genital, dikhawatirkan akan muncul infeksi dan luka yang sangat menyakitkan di area kelamin. Sebuah hasil penelitian bahkan menyebutkan jika seseorang yang sudah tertular virus HSV-2 ini akan lebih beresiko terkena HIV. Beruntung, dengan adanya vaksin ini, diharapkan resiko terkena infeksi HIV bisa menurun hingga 30-40 persen.

Hingga saat ini, masih belum ada obat yang bisa menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks dan obat-obatan yang tersedia biasanya hanya mampu mengendalikan gejalanya saja. Dengan adanya vaksin ini, diharapkan semakin banyak orang yang bisa mencegah penularan penyakit ini.