Ada Tanda-Tanda Ini? Bisa Jadi Anda Tidak Subur

DokterSehat.Com – Bagi pasangan dewasa yang sudah menikah, tentu akan berharap agar segera mendapatkan keturunan. Sayangnya, tidak semua pasangan dianugerahi keturunan dalam waktu yang cepat. Anggapan bahwa salah satu pasangan atau kedua pasangan mengalami masalah ketidaksuburan pun muncul. Sebenarnya, adakah cara agar kita bisa mengetahui kita sedang subur atau tidak?

doktersehat-pasangan-couple-masalah-seks-impotensi-ejakulasi-dini-klamidia

Pakar kesehatan menyebutkan jika 1 dari 8 pasangan ternyata mengalami masalah infertilitas sehingga sulit mendapatkan keturunan. Bagi kaum pria, kurang sehatnya kualitas sperma atau rendahnya kadar libido akan berpengaruh besar pada tingkat kesuburannya. Bagaimana tidak, hal ini akan berpengaruh pada kualitas ereksi hingga gangguan ejakulasi pada pria. Namun, sebenarnya, ada banyak sekali tanda-tanda akan masalah kesuburan baik pada pria ataupun wanita.

Bagi kaum hawa, fase menstruasi bisa memberikan pengaruh besar pada kesuburannya. Sebagai contoh, wanita yang cenderung mengalami ketidakteraturan jadwal menstruasi bisa menjadi tanda bahwa produksi sel telur pada tubuhnya kurang berjalan dengan baik. Bahkan, andai wanita mengalami nyeri haid yang luar biasa dan disertai dengan banyaknya pendarahan, maka dikhawatirkan adanya masalah fibroid atau endometriosis yang bisa membuatnya susah untuk hamil.

Tak hanya tanda-tanda pada organ reproduksi. Beberapa tanda yang muncul dari kondisi fisik secara umum juga bisa menandakan ketidaksuburan seseorang. Sebagai contoh, mereka yang mengalami masalah obesitas, khususnya kaum hawa, akan cenderung lebih sulit untuk hamil. Selain itu, mereka yang mengalami gangguan penglihatan dimana pandangan mata semakin buram, maka bisa jadi ini adalah tanda akan adanya prolactinoma atau adanya tumor pada kelenjar pituitary yang bisa memicu ketidaksuburan pada organ reproduksi wanita. Selain itu, mereka yang mengalami penipisan rambut dengan signifikan juga harus berhati-hati mengingat bisa jadi hal ini adalah tanda akan gangguan pada hormon tiroid yang akan berpengaruh besar pada proses kematangan dari sel telur.