Ada Riwayat Kanker Payudara di Keluarga? Lakukan Hal ini Agar Bisa Tetap Sehat

DokterSehat.Com– Salah satu faktor resiko terkena penyakit kanker payudara adalah jika kita memiliki riwayat keluarga yang terkena penyakit ini. Sebagai contoh, jika nenek, ibu, atau keluarga dekat layaknya adik dari ibu terkena penyakit ini, maka resiko untuk terkena penyakit yang sangat mematikan ini juga akan meningkat hingga dua kali lipat. Meskipun terlihat layaknya vonis yang mengerikan, kita ternyata tidak perlu bersedih dan justru harus semakin bersemangat dalam menjaga gaya hidup sehat demi mencegah datangnya kanker payudara. Berikut adalah beberapa tips yang dikemukakan oleh American Cancer Society yang bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki riwayat keluarga terkena kanker payudara.

doktersehat-kanker-payudara-penyakit

Menjaga berat badan tetap ideal
Pakar kesehatan menyebutkan jika andai kita memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker payudara namun juga memiliki masalah kelebihan berat badan, maka resiko untuk terkena penyakit ini juga akan menjadi lebih besar. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa kaum hawa yang kelebihan berat badan akan memiliki resiko 17 persen lebih besar terkena kanker payudara jika dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan yang ideal. Bahkan, wanita obesitas bisa meningkatkan resiko ini hingga 58 persen lebih besar. Untuk mendapatkan berat badan ideal, kita bisa mengatur pola makan menjadi lebih sehat dengan kadar gizi yang seimbang serta mulai rutin berolahraga.

Tidak minum alkohol
Dalam jurnal kesehatan berjudul Alcoholism Clinical and Experimental Research, diketahui bahwa 9 persen kasus kanker payudara ternyata disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol. Setiap 10 gram minuman beralkohol ternyata ikut menyumbang 7 persen resiko munculnya kanker payudara.

Sering melakukan pengecekan rutin
Mengingat resiko untuk terkena penyakit ini lebih besar, ada baiknya kita yang memiliki riwayat keluarga terkena kanker payudara rutin melakukan pemeriksaan rutin dan berkonsultasi pada dokter. Dengan melakukannya, maka kita bisa menerapkan gaya hidup yang sesuai demi mencegah datangnya penyakit yang menyebabkan banyak kematian di seluruh dunia ini.