Ada Organ Tubuh Baru di Dalam Tubuh Manusia

DokterSehat.Com – Meskipun dunia kesehatan sudah sangat maju dimana berbagai penelitian juga sudah menemukan banyak sekali hal-hal yang luar biasa, dalam realitanya kinerja berbagai sistem yang ada dalam tubuh manusia masih menjadi misteri bagi banyak pakar kesehatan. Karena alasan inilah kita bisa saja menemukan adanya hal-hal baru yang ada dalam tubuh kita. Sebagai contoh, baru-baru ini pakar kesehatan berhasil menemukan adanya organ tubuh baru di dalam tubuh manusia. Seperti apakah organ tubuh baru tersebut?

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

Sebenarnya, organ tubuh ini tidak benar-benar baru. Leonardo daVinci bahkan sudah menyebut organ tubuh tersebut sebagai mesentery semenjak ratusan tahun yang lalu pada ilustrasi anatominya yang sangat terkenal itu. Namun, selama ini pakar kesehatan menganggap mesentery hanya sebagai bagian dari rangkaian membran di dalam sistem pencernaan sehingga tidak bisa dianggap sebagai organ tubuh. Namun, anggapan ini berubah tatkala seorang ahli bedah dari Irlandia membuktikan sebaliknya.

Adalah dr. J. Calvin Coffey yang berhasil mengungkapkan jika mesentery ini adalah struktur tunggal yang berkesinambungan, bukannya bagian dari struktur lainnya dalam tubuh kita. Hasil penemuannya pun langsung dipublikasikan dalam jurnal the Lancet gastroenterology and Hepatology. Akibat adanya penemuan ini, Coffey pun meminta adanya klasifikasi ulang organ tubuh manusia.

Mesentery ini bisa dijelaskan sebagai organ yang menghubungkan usus halus dengan saluran pencernaan. Organ ini bisa ditemukan dari pankreas dan kemudian menyelubungi usus halus dan usus besar. Fungsinya sendiri seperti menopang semua isi perut agar mampu berfungsi dengan baik.

Coffey menyebutkan jika tanpa adanya mesentery, maka dinding perut tidak akan bersatu dan hal ini akan mengganggu suplai darah dimana darah bisa saja tidak akan mencapai usus halus sehingga usus tersebut akan mati. Coffey sendiri yakin jika ada fungsi yang jauh lebih besar dari organ ini dan kemungkinan di masa depan akan ditemukan hasil penelitian yang mencari pengaruh mesentery ini pada munculnya penyakit.