Ada Kondom Yang Mampu Mencegah Infeksi Zika!

DokterSehat.Com – Meskipun WHO sudah menurunkan tingkat berbahaya dari penularan virus zika di seluruh dunia, bukan berarti kita bisa menyepelekan keberadaan virus yang bisa mempengaruhi kehamilan ini. Berbagai cara telah dilakukan oleh pakar kesehatan di dunia agar lebih baik dalam menekan penularan virus zika yang bisa disebabkan oleh gigitan nyamuk maupun oleh hubungan intim ini. Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh biotek Starpharma yang berasal dari negara tetangga, Australia, diketahui menemukan sebuah kondom terbaru yang diyakini sangat efektif dalam mencegah virus zika. Seperti apakah kondom ini?

doktersehat-kondom-seks-seksualitas-seks

Kepala Eksekutif dari Starpharma bernama Jackie Fairley menyebutkan jika pakar kesehatan dan peneliti telah berusaha keras untuk melakukan berbagai cara agar bisa mencegah virus zika. Salah satunya adalah dengan menemukan kondom khusus ini. Kondom ini dibuat dengan teknologi dendrimer atau dari bahan formula gel yang sudah dirancang untuk melawan virus zika. Hal ini berarti, andai dipakai, maka kondom ini bisa mampu berfungsi sebagai antivirus zika yang sangat efektif.

Dengan penggunaan kondom yang diberi nama VivaGel ini, diyakini kita akan lebih baik dalam melawan infeksi virus zika melalui hubungan intim. Angka penularan virus zika pun diharapkan bisa semakin ditekan dengan adanya kondom ini.

Kondom VivaGel sudah mulai dijual di kawasan Eropa dan juga Asia. Meskipun sebagian negara-negara di Asia dan Eropa masih tidak mengalami kasus virus zika, namun banyak masyarakat yang masih mewaspadai virus ini sehingga membutuhkan perlindungan yang jauh lebih baik. Apalagi jumlah orang yang bepergian di negara-negara yang terindikasi masih mengalami masalah virus zika juga masih cukup banyak sehingga dikhawatirkan bisa memicu penularan ke banyak orang.