Ada Jerawat di Vagina? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika jerawat hanya akan muncul di bagian wajah atau sekitarnya saja. Padahal, jerawat juga bisa muncul di berbagai bagian tubuh lainnya yang sama sekali tidak kita duga. Sebagai contoh, kaum hawa ternyata beresiko mengalami jerawat di bagian organ vitalnya. Jika hal ini terjadi, maka mereka tentu akan merasa sangat terganggu, bukan?

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Pakar kesehatan di bidang obgyn bernama dr. Kyrin Dunston, MD menyebutkan jika jerawat yang muncul pada vagina disebabkan oleh perkembangbiakan bakteri yang ada pada pori-pori kulit di organ vital wanita, adanya penumpukan sel kulit mati, kebiasaan mencukur yang tidak benar sehingga akhirnya memicu kelembaban berlebihan pada organ wanita, dan juga karena stress. Satu hal yang pasti, jerawat yang muncul pada organ vital kaum hawa ini bisa sangat mengganggu dan tidak bisa disepelekan begitu saja.

Untuk mengatasi masalah jerawat pada organ vital wanita ini, dr. Dunston menyarankan kaum hawa untuk segera menggunakan produk pembersih yang memakai bahan alami. Bahan-bahan alami layaknya gandum, barley, atau bahkan asam azelaic dipercaya mampu menurunkan peradangan yang terjadi pada kulit organ vital, membersihkan sel kulit mati dengan baik, dan memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa segera mengatasi masalah jerawat pada vagina. Selain menggunakan produk pembersih, gunakan pula sabun yang tidak memakai aroma wewangian dan memiliki bahan anti bakteri alami layaknya minyak oregano.

Untuk mengatasi efek peradangan yang disebabkan oleh jerawat pada vagina, dr. Dunston juga menyarankan kita untuk menggunakan losion yang memiliki ekstrak teh hijau setidaknya 2 persen. Hanya saja, jika jerawat ini terus mengalami peradangan dalam waktu lebih dari satu pekan dan menimbulkan rasa gatal atau bau yang sangat tidak biasa. Dikhawatirkan jerawat ini adalah tanda dari masalah kesehatan lain yang lebih serius sehingga sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.