Ada Jerawat di Vagina Anda? Inilah Cara Menyingkirkannya

DokterSehat.Com– Tidak masalah seberapa rajin Anda menjaga kulit Anda tetap bersih dan pori-pori Anda bersih, jerawat memiliki cara untuk muncul pada saat-saat terburuk dan terkadang di tempat yang paling buruk, Seperti di vagina Anda. Jangan panik, meskipun jerawat vagina benar-benar normal.

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

“Jerawat vagina tidak biasa seperti jerawat di wajah, punggung, dada, dan ketiak, tapi juga tidak jarang. Sementara jerawat di vagina benar-benar normal,” kata Kyrin Dunston, MD, bersertifikat papan ob/gyn di Signature Functional Medicine di Georgia.

Apa penyebabnya?
“Jerawat di vagina muncul dengan alasan yang sama dengan jerawat wajah, ini merupakan akibat dari produksi sebum atau minyak yang berlebihan dalam folikel rambut yang menyempit,” kata Kecia Gaither, MD, double-certified ob/gyn di New York.

Fluktuasi hormonal selama menstruasi juga bisa menyebabkan jerawat vagina, seiring dengan pertumbuhan bakteri yang berlebihan di pori-pori, akumulasi sel kulit mati, rambut tumbuh ke dalam di daerah genital, dan, tidak mengherankan menyebabkan stres.

Bagaimana membedakannya?
Untungnya, tidak sulit membedakan jerawat vagina dari jenis benjolan lainnya. “Jika terlihat seperti jerawat di wajah Anda, Anda akan tahu seperti apa adanya,” kata Dunston. Jerawat juga bisa menyebabkan sedikit ketidaknyamanan daripada rambut yang tumbuh ke dalam karena biasanya mengandung lebih banyak cairan.

Jerawat vagina biasanya bukan masalah besar, namun jika jumlahnya banyak atau berulang atau terus-menerus, Anda pasti ingin memeriksakan diri dengan dokter Anda. “Beberapa PMS akan hadir dengan benjolan yang mirip jerawat, tapi biasanya banyak dan tidak sembuh dengan sendirinya,” kata Dunston. Jika jerawat berlangsung lebih dari seminggu, atau berhubungan dengan gatal, bau, atau pelepasan vagina, sebaiknya segera periksa.

Bagaimana Anda memperlakukannya?
Jika Anda melihat jerawat vagina, ada banyak cara untuk mengatasinya. Di bawah ini, Dunson dan Gaither berbagi produk favorit mereka untuk membantu menyingkirkan jerawat. Tidak peduli produk mana yang Anda pilih, gunakanlah dengan hati-hati pada kulit keratin, dan hindari kulit mukosa –bagian kulit lembut,” saran Dunston.

1. Rodial Super Acids Daily Azelaic Acid Serum
“Ditemukan di biji-bijian tertentu seperti gandum, gandum hitam, dan barley, asam azelaic adalah senyawa organik alami yang mengurangi peradangan, menghilangkan sel kulit mati, dan memiliki sifat antibakteri,” kata Gaither. Formulasi dengan setidaknya 20 persen, seperti Rodial, telah dicatat sebagai pengobatan jerawat afektif, tambahnya.

Baca Juga:  Alasan Mengapa Anda Mengalami Infeksi Candidiasis

2. Aromavita Oregano Soap
Cobalah menggunakan sabun yang tidak diberi wewangian yang mengandung antibakteri alami, seperti minyak oregano, yang dapat membantu menangkal bakteri berbahaya dan mencegah timbulnya jerawat dari vagina, kata Dunston.

3. Clearclinic GTS 2.4
“Lotion yang mengandung setidaknya 2 persen ekstrak teh hijau dapat menurunkan jerawat secara signifikan,” kata Gaither. GTS 2.4 serum oleh ClearClinic mengandung 2,4 persen bahan aktif ekstrak teh hijau dan mentimun untuk membantu menenangkan kulit.

4. Desert Essence Organic Tea Tree Oil
Minyak pohon teh memiliki khasiat antimikroba (untuk bakteri dan jamur) dan secara efektif membersihkan pori-pori. “Ini juga membantu menjaga kelembaban alami kulit, memberikan bantuan menenangkan sementara juga menyeimbangkan sekresi minyak dari kelenjar sebaceous,” jelas Gaither.

Minyak pohon teh yang tidak diencerkan bisa membuat iritasi, jadi pastikan untuk mencairkannya dan coba di lengan bawah Anda.

5. Treeactiv Acne Eeliminating Body Lotion
Lotion ini mengandung beberapa bahan yang bisa disukai kulit Anda, seperti lidah buaya, daun witch hazel, jojoba oil, dan minyak pohon tamanu untuk melembabkan dan menenangkan kulit, bersama dengan minyak pohon teh untuk melawan jerawat. Ini juga mengandung asam salisilat, yang bekerja dengan cara membersihkan sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori, mengurangi kemerahan dan bengkak.

Bagaimana mencegah jerawat vagina?
Cara terbaik untuk mencegah jerawat vagina adalah dengan menerapkan kebiasaan menjaga kebersihan di area vagina. Sebagai permulaan, jaga agar daerah vagina tetap bersih dan kering dan kenakan celana dalam katun untuk bernapas dan kurangi akumulasi kelembaban.

Pertimbangkan untuk menentukan batas seberapa sering Anda mencukur area kemaluan, yang meningkatkan kemungkinan folikel rambut yang terinfeksi.

Jika Anda menemukan jerawat, jangan menggaruk atau memencetnya. Ini hanya akan membuat vagina Anda marah atau lebih buruk lagi dapat menyebabkan infeksi kulit yang disebut selulitis.