Ada Es Krim yang Bisa Mencegah Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Untuk mencegah penyakit jantung, kita tentu akan dituntut untuk menerapkan gaya hidup sehat dimana kita harus lebih baik dalam menata pola makan, rutin melakukan olahraga, dan menjaga waktu tidur yang berkualitas. Namun, baru-baru ini pakar kesehatan di Italia berhasil menemukan cara menarik dan nikmat untuk mencegah penyakit jantung. Cara tersebut adalah dengan mengkonsumsi es krim khusus yang berhasil mereka ciptakan. Seperti apakah es krim yang mampu mencegah penyakit mematikan ini?

doktersehat-eskrim

Pakar kesehatan yang berasal dari University of Rome mengklaim jika es krim yang berhasil mereka ciptakan ini akan membuat peredaran darah semakin lancar dan menurunkan kadar stress yang berbahaya bagi sel-sel jantung. Es krim ini memiliki kandungan polifenol, senyawa kimia alami dari tanaman yang diyakini mampu mencegah serangan jantung dan stroke. Sebagai informasi, telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa polifenol yang bisa ditemukan pada tanaman layaknya kacang-kacangan, sayuran, cokelat, dan anggur merah ini memang sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah. Sayangnya, kebanyakan manusia cenderung tidak mendapatkan asupan senyawa polifenol ini dengan cukup sehingga rentan terkena masalah pada kesehatan jantung.

Para peneliti dari Italia ini menemukan sebuah ide menarik untuk memasukkan cukup banyak senyawa polifenol di dalam es krim. Mengapa harus es krim? Selain hampir semua orang menyukai makanan ini, polifenol ternyata memang mampu bertahan lebih lama andai berada dalam suhu yang rendah.

Es krim yang memiliki kandungan bubuk cokelat, ekstrak teh hijau dan hazelnut berkadar tinggi yang kaya akan polifenol ini kemudian diujicobakan pada 14 partisipan. Para pakar kesehatan kemudian mengecek kondisi kesehatan para partisipan setelah secara berkala mengkonsumsinya dan hasilnya adalah, kadar oksida nitrat pada tubuh meningkat sehingga kesehatan pembuluh darah arteri pun tetap terjaga, peredaran darah semakin lancar, dan stamina mereka juga semakin membaik.

Baca Juga:  Jalan Kaki, Cara Alami Melindungi Kesehatan Jantung

Andai dikembangkan dengan lebih baik, diharapkan es krim ini bisa menjadi salah satu cara yang menarik bagi manusia dalam mencegah penyakit jantung di masa depan.