Ada Baiknya Tidak Melakukan Ini Setelah Bangun Tidur

DokterSehat.Com – Setelah mendapatkan waktu istirahat semalaman, kita tentu terbangun dengan badan yang jauh lebih segar dan tidak lagi terasa lelah seperti saat kita bangun tidur. Meskipun badan sudah menjadi lebih segar, tidak berarti kita bisa sembarangan melakukan beberapa aktifitas setelah bangun tidur yang bisa berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa aktifitas yang sebaiknya tidak dilakukan saat bangun tidur.

doktersehat-obat-tidur

Masyarakat modern akan segera mengecek ponselnya begitu bangun tidur. Entah mengapa, kebanyakan orang akan meletakkan ponsel dekat dengan ranjang atau bahkan bantal saat waktu tidur sehingga jika ada orang yang menelepon atau meninggalkan pesan bisa segera direspon dengan cepat. Sayangnya, kebiasaan ini ternyata bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan psikologis. Pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan mengecek ponsel bisa membuat suasana hati seseorang menjadi lebih buruk. Tanpa kita sadari, dengan mengecek ponsel, khususnya sosial media, maka pikiran pun akan langsung dirangsang untuk melakukan kritik atau penilaian atau sesuatu. Sebagai contoh, anda bisa saja mengecek postingan seseorang di sosial media saat bangun tidur dan anda langsung cemburu atau iri dengan postingan tersebut. Hal ini tentu tidak baik untuk mengawali hari, bukan?

Banyak orang yang segera meminum kopi setelah bangun tidur. Hal ini ternyata tidak baik bagi kesehatan tubuh mengingat kopi akan segera langsung membuat hormon yang meningkatkan kewaspadaan pada tubuh sehingga kita pun akan terbebas dari rasa kantuk setelah bangun tidur. Sayangnya, efek waspada ini akan segera menurun drastis dan bahkan bisa memicu tubuh kita mengantuk kembali setelah kita meminum kopi. Andaipun anda menyukai kopi, jangan mengkonsumsinya persis setelah bangun tidur dan memberi jeda setidaknya dua jam setelah bangun tidur sehingga kita pun bisa mendapatkan kewaspadaan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:  Mitos Mengkonsumsi Telur Mentah Menyehatkan Tubuh

Bangun tidur lalu memilih untuk segera tidur lagi adalah kegiatan yang sering sekali dilakukan masyarakat modern di akhir pekan. Meskipun membuat tubuh terasa nyaman karena mendapatkan waktu tidur yang banyak, kegiatan ini bisa meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes atau penyakit jantung. Ada baiknya kita tidak melakukan hal-hal ini setelah bangun tidur sehingga tubuh pun akan tetap terjaga kesehatannya.