Ada Baiknya Tidak Makan Dahulu Sebelum Berenang

DokterSehat.Com – Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang juga kerap disamakan sebagai rekerasi. Bagaimana tidak, kolam renang kerap sekali dipenuhi orang-orang yang ingin berelaksasi dengan olahraga air ini. Di akhir pekan, khususnya di pagi atau sore hari biasanya menjadi waktu paling ideal untuk melakukan olahraga yang bisa menghilangkan stress ini. Untuk bisa melakukan olahraga berenang dengan maksimal, ada baiknya kita tidak makan terlebih dahulu. Berikut adalah alasan mengapa sebaiknya kita tidak makan sebelum berenang.

doktersehat-renang

Pakar kesehatan yang juga merupakan ahli gizi bernama Kathryn Brown yang berasal dari English Institute of Sport berkata jika kita tetap mengisi perut hingga penuh sebelum berenang, ada kecenderungan kita akan mengalami refluks asam lambung atau bahkan rasa mual-mual saat berenang. Hal ini tentu saja akan membuat olahraga kita menjadi kurang maksimal, bukan?

Menurut Brown, saat kita baru saja mengkonsumsi makanan, perut kita yang penuh akan segera melakukan proses pencernaan makanan yang tentu akan memunculkan banyak sekali asam dan berbagai enzim lainnya untuk membantu kelancaran proses ini. Jika kita memaksakan diri untuk bergerak aktif saat berenang, proses pencernaan ini akan terganggu sehingga menimbulkan reflus asam lambung, mual-mual, hingga rasa mulas. Sebenarnya, aturan ini tidak hanya berlaku untuk olahraga berenang saja, hampir semua olahraga lainnya, layaknya berlari juga sebaiknya tidak dilakukan saat kita baru saja selesai makan.

Brown menganjurkan kita untuk setidaknya baru berenang setelah dua jam mengkonsumsi makan besar. Hanya saja jika kita merasa lapar sebelum berenang, ada baiknya kita mengkonsumsi makanan ringan satu jam sebelum mulai berenang. Selain itu, hindarilah asupan kaya serat, lemak dan protein karena bisa membuat perut terasa penuh sangat lama sehingga perut kita tidak nyaman saat berenang.