Ada Baiknya Pria Tidak Melakukan Hal Ini Untuk Menjaga Kesehatan Spermanya

DokterSehat.Com – Bagi pria yang sudah menikah, mendapatkan momongan tentu akan menjadi sebuah dambaan agar bisa menyempurnakan rumah tangganya. Sayangnya, gaya hidup masyarakat modern belakangan ini ternyata bisa membuat masalah bagi sebagian pria mengingat hal ini ternyata bisa membuat kualitas spermanya menurun drastis. Andai hal ini terjadi, maka pria tentu akan kesulitan untuk membuahi sel telur dari pasangannya. Sebenarnya, apa sajakah hal-hal yang perlu dihindari oleh pria agar kesehatan spermanya tetap terjaga?

doktersehat-penis-pria-seks

Menghindari rokok dan minuman beralkohol
Kedua hal ini adalah hal yang paling sulit untuk dihindari oleh pria, khususnya di Indonesia dimana angka perokok dan peminum alkohol cukup tinggi. Padahal, kandungan beracun dari rokok dan minuman beralkohol akan bisa menurunkan kualitas sperma dengan sangat signifikan. Racun di dalam rokok bahkan bisa membuat gangguan pada kemampuan seksualitas pria.

Mengalami obesitas
Pakar kesehatan menyebutkan jika obesitas kerap kali dianggap sebagai hal yang wajar bagi pria dewasa. Padahal, hal ini akan berpengaruh besar bagi kualitas spermanya. Bagaimana tidak, masalah kelebihan berat badan ini akan memicu adanya perubahan hormon di dalam tubuh pria yang bisa berpengaruh besar pada masalah kesuburan dan kualitas spermanya.

Stres
Banyak pria yang mengalami stres baik itu karena masalah pekerjaan yang memberikan tekanan yang berat, kesulitan ekonomi, hingga karena pergaulan sosial yang kurang baik. Stres pada pria ternyata ikut berperan besar dalam perubahan hormone yang bisa memicu penurunan jumlah dan kualitas sperma.

Bekerja di tempat yang tidak sehat
Beberapa jenis tempat kerja layaknya pabrik kimia atau pabrik yang mengolah logam-logam berat layaknya timbal dan arsenic ternyata bisa mempengaruhi produksi jumlah dan kualitas sperma dengan signifikan.