Ada Baiknya Makanan Ini Tidak Dikonsumsi Saat Sarapan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menganggap sarapan sebagai waktu dimana kita bisa mengkonsumsi makanan seadanya saja. Dalam realitanya, banyak orang yang terburu dengan waktu pada akhirnya hanya mengkonsumsi sarapan dengan menu yang sederhana layaknya nasi dengan telur, atau bahkan hanya dengan roti yang dilapisi dengan selai. Beberapa orang lain ternyata juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kadar gula atau lemak untuk sarapan yang tentu saja akan membuat tubuh mudah mengalami kegemukan. Makanan-makanan ini tentu sebaiknya kita hindari untuk sarapan.

doktersehat-fast-food-junk-makanan-cepat-saji-kanker-nugget-pizza-kehamilan

Makanan pertama yang termasuk cukup sering untuk dikonsumsi namun sebenarnya kurang cocok untuk dijadikan sarapan adalah sosis. Sosis sendiri memiliki rasa yang enak sehingga kita bisa memakannya begitu saja atau bahkan dijadikan lapisan roti. Sosis bisa memberikan efek mengenyangkan saat sarapan, namun sayangnya makanan ini ternyata kaya akan kandungan lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain resiko munculnya penyakit berbahaya, sering mengkonsumsi sosis saat sarapan juga bisa membuat tubuh beresiko mengalami obesitas.

Makanan pastries dengan tampilan yang sangat menggoda layaknya donat, croisants, dan sejenisnya ternyata sangat kurang cocok untuk dijadikan menu makanan. Memang, makanan-makanan ini bisa sangat mengenyangkan mengingat dalam sebuah donat saja bisa ditemukan 200 hingga 500 kalori. Namun, makanan pastries ternyata memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sehingga jika kita mengkonsumsinya terlalu sering saat sarapan, bisa jadi tubuh mengalami obesitas dan bahkan beresiko mengalami diabetes. Selain pastries, roti bagel ternyata juga kurang baik dikonsumsi saat sarapan karena memiliki kandungan kalori yang tinggi pada mentega dan krim keju di dalamnya. Tercatat, bagel setidaknya menyediakan 400 kalori setiap kita menyantapnya.

Baca Juga:  Mendeteksi Penyakit dari Wajah

Waffle atau pancake sepertinya akan nikmat dan mengenyangkan untuk dijadikan sarapan. Sayangnya, tambahan sirup jagung untuk menyiram kedua makanan ini bisa menyebabkan masalah kegemukan. Selain itu, beberapa jenis sereal yang berwarna-warni ternyata juga sangat tidak baik untuk dijadikan sarapan pagi karena tingginya kandungan gula sekaligus resiko adanya bahan kimia pewarna yang tidak baik untuk kesehatan.