Ada Baiknya Kita Tidak Mengkonsumsi Daging Barbeque Saat Merayakan Malam Tahun Baru

DokterSehat.Com – Malam tahun baru bisa dihabiskan dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang memilih untuk duduk santai bersama dengan keluarganya di rumah saja sambil melihat acara televisi. Ada yang rela berdesak-desakan di pusat kota untuk menikmati atraksi kembang api dan berbagai macam panggung hiburan. Ada pula yang lebih memilih untuk melakukan pesta barbeque bersama dengan keluarga dan teman-teman. Meskipun terlihat menyenangkan, pakar kesehatan menyebutkan jika pesta barbeque tahun baru sepertinya kurang baik bagi kesehatan kita.



Pakar kesehatan dr. Tirza Gwendoline SpPD, yang berasal dari RS Evasari, menyebutkan jika libur natal dan tahun baru, khususnya malam pergantian tahun, adalah saat dimana ada cukup banyak pesta dilakukan sehingga kita pun mengkonsumsi begitu banyak jenis makanan, termasuk yang tidak sehat. Pada malam tahun baru misalnya, banyak keluarga yang mengadakan pesta barbeque yang tentu akan membuat kita mengkonsumsi daging bakar, baik itu daging sapi, ayam, kambing, atau ikan. Apapun jenis dagingnya, daging barbeque ternyata memiliki kadar kolesterol dan lemak jahat yang cukup tinggi, apalagi jika daging ini dibakar terlalu lama sehingga berwarna kehitaman.

Menurut dr. Tirza, daging yang dibakar hingga kehitaman ini ternyata bisa bersifat karsinogenik dan andai kita mengkonsumsinya, maka kita pun meningkatkan resiko terkena kanker. Selain cara memasaknya yang tidak sehat, dr. Tirza juga mengingatkan penggunaan bumbu yang cenderung cukup banyak saat membakar daging layaknya minyak atau garam. Andai hal ini terjadi, maka kita akan beresiko mengalami tekanan darah tinggi.

Daging barbeque memang sepertinya sulit untuk kita lewatkan saat melewati perayaan pergantian tahun, apalagi jika memang dilakukan bersama dengan orang-orang tersayang. Andai kita memang harus mengkonsumsinya, maka kita sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan dan imbangilah dengan sayuran dan buah-buahan. Selain itu, pastikan bahwa kita tidak mengkonsumsi bagian daging yang gosong agar tidak mudah terkena kanker.