Ada Baiknya Kita Tidak Memaksa Anak Menghabiskan Makanannya

DokterSehat.Com – Ada sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh orang tua dimana mereka meminta anaknya untuk menghabiskan makanan di piringnya hingga bersih. Memang, tujuan dari hal ini akan membuat anak menjadi lebih bersyukur dan tidak menyia-nyiakan makanan yang Ia konsumsi. Sayangnya, dibalik tujuan baik ini, anak justru mengalami peningkatan resiko terkena masalah obesitas. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-anak-kecil-susah-makan-sayuran

Sebuah penelitian dilakukan di University of Nebraska, Amerika Serikat untuk mempelajari kebiasaan orang tua meminta anak anaknya menghabiskan makanan di atas piringnya hingga bersih. Menurut pakar kesehatan yang melakukan penelitian ini, hal ini justru akan membuat anak seringkali makan secara berlebihan. Selain itu, anak juga akan cenderung kehilangan kemampuan untuk mengenali rasa lapar atau saat dimana sebaiknya mereka berhenti makan karena sudah merasa kenyang. Bahkan, penelitian ini juga menyebutkan jika anak diminta untuk selalu menghabiskan makanannya akan cenderung menjadi pemilih dan menyukai makanan manis sehingga resiko mengalami obesitas ikut meningkat tajam.

Pakar kesehatan menyebutkan jika banyak orang tua yang berpikir jika anak yang diminta untuk menghabiskan makanannya bisa mendorong mereka memiliki kebiasaan makan yang sehat. Selain itu, banyak orang tua yang marah ketika tahu anaknya tidak makan pada jam tertentu atau memberikan hadiah hingga pujian andai mereka menghabiskan makanan pada piringnya.

Sebenarnya, saat anak sudah tidak ingin menghabiskan makannya, tubuhnya sudah memberikan tanda dimana makanan yang dikonsumsi sudah cukup bagi mereka. Andai mereka diminta untuk menghabiskannya, tentu mereka akan mengkonsumsinya secara berlebihan, bukan? Alih-alih meminta anak untuk menghabiskan apa yang ada di atas piring, ada baiknya kita melibatkan anak saat kita mengambil atau memilih makanan sehingga anak bisa memutuskan seberapa banyak porsi yang bisa mereka makan hingga habis.