Ada Baiknya Kita Tidak Berolahraga Setelah Meminum Kopi Cukup Banyak

DokterSehat.Com – Kopi telah menjadi salah satu minuman yang disukai oleh banyak orang. Selain memberikan rasa yang nikmat, kopi disebut-sebut bisa membuat rasa kantuk kita menghilang dan bahkan memberikan energi tambahan untuk bekerja andai dikonsumsi di pagi hari. Sayangnya, hal ini membuat cukup banyak orang yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Sebagai contoh, ada yang mengkonsumsinya sebanyak tiga cangkir atau bahkan lebih. Demi menghindari efek buruk bagi tubuh, pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika sebaiknya kita jangan berolahraga terlebih dahulu andai baru saja mengkonsumsi kopi cukup banyak. Apa alasan dibalik anjuran ini?

doktersehat-kopi-demensia

Pakar kesehatan Edward Ryan, Ph.D yang berasal dari Chatham University menyebutkan jika kafein di dalam kopi memang bisa membuat kekuatan atletik tubuh meningkat dengan signifikan mengingat kafein mampu merangsang sistem saraf pusat. Karena alasan inilah tubuh kita seakan-akan mendapatkan energy tambahan dan lebih bugar. Sayangnya, andai kita mengkonsumsinya dengan berlebihan layaknya sebanyak tiga cangkir kopi atau lebih, yang terjadi justru adalah kita akan mengalami pusing-pusing, masalah perut, gelisah, hingga gugup.

Ryan menyebutkan jika konsumsi kafein terlalu banyak ternyata berimbas pada hilangnya manfaat dari olahraga dengan signifikan. Alih-alih mendapatkan sensasi segar dan bugar setelah berolahraga, kita justru akan merasa lelah dan tidak enak badan. Selain itu, banyaknya asupan kafein ini membuat proses pemulihan tubuh setelah melakukan olahraga intensitas berat menjadi terganggu mengingat detak jantung tubuh tak kunjung melambat ke tahap normal, bahkan andai kita sudah beristirahat.

Ryan pun menyarankan kita untuk melakukan olahraga yang ringan-ringan saja andai kita baru saja mengkonsumsi kopi layaknya berjalan santai selama 20 hingga 30 menit. Olahraga ini akan membuat detak jantung tetap dalam kondisi stabil dan justru akan membuat tubuh kita lebih baik dalam mendapatkan manfaat olahraga secara maksimal.