Ada Baiknya Kita Mulai Tidur Dengan Miring Ke Kiri Demi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu akan tidur dengan posisi yang berbeda-beda sesuai dengan kenyamanan tubuh. Ada yang lebih suka tidur telentang, tengkurap, atau bahkan miring. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika posisi tidur dengan miring ke kiri akan sangat baik bagi kesehatan tubuh sehingga sangat direkomendasikan. Apa sajakah manfaat jika kita tidur dengan miring ke kiri?

doktersehat-tidur-resiko-stroke-dada-payudara-besar

Baik Untuk Organ Hati dan Ginjal

Organ tubuh yang memiliki peran besar dalam sistem metabolism tubuh dan juga ekskresi adalah hati dan juga ginjal. Kedua organ tubuh ini bisa menampung cukup banyak berbagai limbah dan juga racun dalam tubuh karena menyaring berbagai macam limbah dan racun ini. Dengan tidur miring ke kiri, kita akan membuat racun ini lebih mudah keluar melalui drainase limfatik sehingga kita pun akan lebih baik dalam mencegah berbagai macam penyakit berbahaya. Tak hanya itu, kinerja ginjal dan juga hati pun akan tidak terlalu berat karena telah dibantu oleh posisi tidur ini.

Proses Pencernaan Lebih Maksimal

Tidur dengan posisi miring ke kiri akan membuat posisi lambung dan pancreas dalam posisi terbaik untuk mencerna makanan dengan efisien. Asam lambung tidak akan mudah naik ke kerongkongan jika kita tidu dengan posisi miring ke kiri. Enzim-enzim di dalam pancreas akan mengikuti gravitasi sehingga bisa terlepas dengan maksimal dan makanan juga akan terbantu oleh gravitisi ini untuk bergerak dengan lebih lancar. Tak hanya itu, adanya gaya gravitasi juga akan membuat perpindahan makanan dari usus kecil ke usus besar akan lebih lancar sehingga kotoran akan lebih mudah terbuang di pagi hari.

Baik Bagi Jantung

Tidur dengan posisi miring ke kiri juga akan sangat baik bagi organ jantung yang berada dalam bagian kiri tubuh. Gaya gravitasi juga akan membantu sirkulasi darah menuju ke jantung sehingga beban pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju ke jantung semakin menurun. Kita pun tidak akan mengeluarkan energy terlalu banyak di pagi hari sehingga saat bangun, kita akan berada dalam kondisi yang segar, bukannya kelelahan.