Ada Baiknya Kita Membatasi Konsumsi Gula Harian Pada Anak

DokterSehat.Com – Kebanyakan orang tua akan memberikan makanan manis pada anak dengan alasan anak-anak sangat menyukai jenis makanan ini. Padahal, dengan rutin memberikan makanan manis pada anak, kita akan membuat mereka mengkonsumsi gula dengan sangat berlebihan sehingga mereka pun akan beresiko tinggi terkena masalah kesehatan layaknya obesitas. Tahukah anda, American Heart Association sudah memberikan rekomendasi terbaru pada orang tua agar tidak memberikan gula lebih dari enam sendok teh setiap harinya pada anak dengan rentang usia 2 hinga 18 tahun. Jumlah ini tentu sangat sedikit mengingat banyaknya kandungan gula yang bisa kita temui dalam minuman manis, kue, hingga camilan-camilan lainnya yang sangat disukai oleh anak setiap hari.

doktersehat-permen-manis

Pakar kesehatan dari Emory University bernama dr. Miriam Vos menyebutkan jika konsumsi gula yang tinggi pada anak-anak modern membuat mereka beresiko mengalami masalah berat badan berlebihan, resistensi insulin, hingga penyakit berbahaya layaknya diabetes hingga hati berlemak. Beliau juga mengungkapkan adanya kaitan erat antara konsumsi gula yang tinggi pada anak dengan tingginya resiko terkena penyakit kardiovaskular di saat anak tumbuh dewasa. Karena alasan inilah pakar kesehatan meminta orang tua untuk lebih bijak dalam memberikan diet sehat pada anak-anak, bukan hanya memastikan anak suka dengan makanan-makanan tertentu saja.

Dr. Vos juga menyebutkan jika rekomendasi terbaru akan konsumsi gula pada anak-anak ini bisa memberikan gambaran bagi orang tua tentang makanan apa saja yang sebaiknya diberikan kepada anak demi kesehatannya. Sebagai contoh, Office of Disease Prevention and Health Promotion bahkan sudah meminta orang tua untuk berhenti memberikan permen pada anak. Meskipun memang terlihat berat, namun ada baiknya hal ini dilakukan demi kesehatan anak.