Ada Baiknya Kita Memang Meminum Air Putih Sebelum Makan

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika mengkonsumsi air putih bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Namun, tahukah anda jika satu hal sederhana yang bisa kita lakukan, yakni minum segelas air putih sebelum makan, bisa memberikan manfaat besar bagi proses pencernaan. Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut?

doktersehat-minum-air-putih-sehat

Pakar kesehatan DR. dr, Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB, menyebutkan jika selama ini memang tidak ada anjuran untuk minum sebelum makan, namun, menurut beliau ada baiknya kita mulai membiasakan diri untuk melakukan hal tersebut. Beliau menyebutkan jika dengan minum sebelm makan, kita akan membasahi saluran pencernaan. Hal ini ternyata akan sangat membantu kelancaran proses pencernaan makanan kita. Bahkan, menurut dr. Ari, jika kita sebelumnya pernah mendengar larangan untuk minum di tengah-tengah proses makan, Ia justru menyarankan kita untuk melakukannya andai merasa seret di tengah waktu makan demi kelancaran proses pencernaan ini. Dengan adanya air, tentu rasa seret ini akan segera menghilang mengingat makanan akan terdorong menuju ke lambung dengan lebih baik.

Pakar gizi bernama Elizabeth A. Dennis bahkan sangat menganjurkan kita untuk mengkonsumsi dua gelas air putih setidaknya 30 menit sebelum makan dengan tujuan membantu proses penurunan berat badan. Beliau pernah melakukan sebuah penelitian yang dirilis hasilnya dalam jurnal Obesity dimana dalam penelitian ini, ditemukan fakta bahwa dengan mengkonsumsi air putih sebelum makan, kita akan cenderung mengkonsumsi makanan dengan porsi yang jauh lebih sedikit.

Penelitian lain yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari University of Illinois juga menyebutkan jika adanya konsumsi air putih sebelum makan akan mempengaruhi seberapa banyak asupan kalori yang kita konsumsi. Penelitian ini menunjukkan fakta menarik dimana meminum air putih akan cenderung membuat kita menurunkan konsumsi gula, lemak, dan juga garam.

Baca Juga:  Para Ahli Mengatakan Bahaya Konsumsi Gula

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya memang kita mulai membiasakan minum air putih sebelum makan, ya?