Ada Baiknya Berat Badan Anak Dijaga Agar Tetap Ideal

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah mitos yang berkembang di masyarakat yang sebenarnya sangat tidak ideal bagi kesehatan tubuh. Mitos tersebut adalah anak yang gemuk adalah anak yang sehat. Entah dari mana mitos ini berasal, padahal, tubuh anak yang gemuk tetap saja dianggap sebagai hal yang kurang sehat dan sebaiknya mulai dikurangi agar berat badannya semakin ideal. Hal ini dikarenakan masalah obesitas atau kelebihan berat badan bisa berlanjut hingga sang buah hati berusia dewasa dan memicu berbagai penyakit berbahaya. Pertanyaannya adalah, apakah ada cara agar berat badan anak tetap terjaga dengan ideal?

doktersehat-anak-makan-sayur-wortel-bayam

Pakar kesehatan menyebutkan jika anak memiliki kecenderungan meniru dibandingkan dengan melakukan tugas yang diminta. Karena alasan inilah orang tua harus menjadi pembimbing anak dalam menerapkan pola makan yang jauh lebih sehat. Psikolog yang menangani kasus anak-anak dan remaja, Sutji Sosrowardojo menyebutkan jika orang tua haruslah menjadi contoh yang baik, khususnya dalam hal mengkonsumsi makanan agar tidak mudah gemuk. Selain itu, cobalah untuk melakukan olahraga dengan rutin agar berat badannya tetap terjaga.

Sutji juga menekankan adanya ajakan psikologis agar anak tetap mau mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sehat dan seimbang dengan cara memberikan pemahaman pada anak dimana berat badan yang berlebihan bisa memicu masalah kesehatan yang berbahaya di kemudian hari. Selain itu, anak juga sebaiknya dicari tahu apa kegemaran atau aktivitas olahraganya sehingga orang tua pun bisa melakukan olahraga bersama-sama yang tentu akan sangat baik bagi kondisi kesehatan anak.

Ingatlah bahwa mitos bahwa anak yang gemuk itu sehat tidaklah selalu benar adanya. Meskipun anak memang terlihat lebih lucu, namun ada baiknya kita menurunkan berat badan anak hingga ke tahapan yang ideal demi kesehatannya.