Ada Alat yang Bisa Menghentikan Kebiasaan Mendengkur

DokterSehat.Com – Ada cukup banyak orang yang menderita masalah mendengkur saat tidur hingga mengalami rasa kelelahan luar biasa atau bahkan sakit kepala saat bangun tidur. Meskipun terlihat biasa saja, pakar kesehatan menyebutkan jika mendengkur ternyata termasuk dalam masalah kesehatan yang patut diwaspadai dan bisa saja memicu masalah yang cukup serius layaknya obstructive sleep apnea (OSA).

doktersehat-tidur-mendengkur

Sleep apnea sendiri adalah kondisi dimana seseorang bisa mengalami henti nafas beberapa kali saat tidur karena adanya sumbatan pada saluran pernafasan. Sumbatan ini sendiri terjadi karena otot pada rahang, tenggorokan, hingga lidah mengalami kondisi terlalu rileks sehingga membuat jalan nafas terhambat. Jika hal ini terjadi, maka asupan oksigen bisa terhenti dan pada akhirnya memicu beberapa masalah kesehatan layaknya kurang tidur, acid reflux, depresi, sering buang air kecil, gangguan memori, diabetes, hingga serangan jantung.

Mengingat masalah-masalah kesehatan tersebut tidak bisa diremehkan, banyak orang yang berusaha untuk menghentikan kebiasaan mendengkur ini. Beruntung, hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Divisi Obat-obatan Gangguan Tidur dari Eastern Virginia Medical School berhasil menemukan peralatan yang bisa menghentikan kebiasaan mendengkur ini. Alat yang dinamai chin strap atau tali dagu ini bisa dengan efektif mengobati masalah sleep apnea.

Dengan menggunakan tali dagu yang mampu menopang rahang bawah dan lidah ini, maka kita akan mencegah adanya penyumbatan pada saluran pernafasan. Penggunaan tali dagu ini akan membuat kita tidak lagi mendengkur sehingga akan meningkatkan kualitas tidur dengan signifikan. Bahan dari tali dagu yang cukup nyaman dan ringan ini juga diyakini tidak akan mengganggu kenyamanan seseorang saat tidur.

Food and Drug Administration Amerika Serikat (FDA), Badan POM setempat, sayangnya belum mengevaluasi peralatan chin strap ini sehingga belum bisa digunakan oleh banyak orang. Diharapkan, evaluasi segera dilakukan sehingga bisa digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi masalah mendengkur.