Ada Alasan Khusus Mengapa Seseorang Bisa Terobsesi Dengan Instagram

DokterSehat.Com – Belakangan ini, pakar kesehatan banyak melakukan penelitian yang berkaitan dengan penggunaan media sosial atau gadget. Bagaimana tidak, penggunaan kedua hal yang berkaitan erat dengan kemajuan teknologi ini sangatlah masif karena seakan-akan tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Salah satu penggunaan gadget dan media sosial yang sedang populer adalah pemakaian instagram untuk mendokumentasikan berbagai hal, dari yang berupa foto selfie, pemandangan alam, atau bahkan sekadar kegiatan yang dilakukan. Sebuah penelitian pun dilakukan oleh tim gabungan dari University of Pennsylvania, Yale University, dan University of Southern California untuk mengetahui ada kaitan apa antara psikologis manusia dengan kegemaran menggunakan instagram.

doktersehat-rambut-kepang-wanita

Dari penelitian ini, ada 2 ribu lebih partisipan yang dilibatkan. Mereka diketahui melakukan beberapa aktifitas yang berbeda-beda; ada yang menikmati konser musik, ikut dalam tur bus visual, melakukan kegiatan seni atau kerajinan tangan, menikmati isi museum, hingga sekadar melakukan makan siang. Separuh dari partisipan ini diperbolehkan mengambil foto dari kegiatan yang dilakukan sementara sisanya tidak boleh memakai kamera. Setelah itu, para partisipan ini mengisi kuesioner yang ditujukan untuk mengukur tingkat rasa keterkaitan dan kebahagiaannya.

Dari kuesioner tersebut, diketahui jika mereka yang mengambil foto merasa lebih mampu menikmati aktifitas yang dilakukan jika dibandingkan dengan yang tidak. Bagi mereka yang mengambil foto, ada sensasi lebih nikmat dan bahagia saat melakukan aktifitas tersebut. Bahkan, peneliti menemukan fakta unik dimana dengan mengambil gambar, ada kecenderungan seseorang melihat sesuatu menjadi detail, sebagai contoh pada benda-benda yang dipamerkan di dalam museum.

Dengan mengambil foto, seseorang juga bisa memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman melalui instagram dan mereka pun lebih merasakan keterkaitan dengan momen tersebut. Karena alasan inilah media sosial layaknya instagram pada akhirnya sangat digemari banyak orang.