9 Makanan Terbaik Bagi Kesehatan Yang Jarang Kita Konsumsi

DokterSehat.Com– Salmon, buah berry, kacang almond, dan kale adalah makanan yang sangat populer bagi mereka yang menjalani program diet di seluruh dunia. Namun, tahukah anda jika ternyata ada lebih banyak makanan selain makanan-makanan tersebut yang baik bagi diet dan kesehatan tubuh? Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan kita namun tidak begitu banyak dikenal.

doktersehat-bit

Kembang kol
Brokoli sudah dikenal luas sebagai makanan yang sehat, namun, kita juga bisa mendapatkan banyak nutrisi baik dari saudaranya yang berwarna lebih pucat; kembang kol. Kembang kol sendiri adalah sumber dari serat dan vitamin C yang sangat tinggi. Kembang kol juga memiliki bahan kimia tanaman alami yang disebut sulfaraphane yang mampu melawan kanker. Dengan rutin mengkonsumsinya, kita tentu akan lebih baik dalam menurunkan resiko terkena kanker.

Ikan sarden
Ikan berukuran kecil ini memiliki nilai gizi yang tinggi. Sarden sangatlah kaya akan asam lemak omega 3, vitamin B12, dan juga vitamin D yang sangat baik bagi kekuatan tulang.

Tempe
Kebanyakan orang di seluruh dunia sudah mengenal tahu, namun tidak untuk tempe. Makanan khas tanah air yang terbuat dari kedelai ini sangat kaya akan nutrisi layaknya protein, kalsium, dan potassium.

Bit
Sayuran yang memiliki warna cerah ini terlihat kasar dari luar, namun bit sebenarnya lembut dan manis setelah dimasak. Bit sangat kaya akan antioksidan yang mampu mencegah datangnya penyakit kanker dan berbagai penyakit kronis lainnya. Jika kita mengkonsumsi jus bit yang kaya akan nitrat, maka kita bisa menurunkan tekanan darah dengan signifikan sekaligus memperlancar aliran darah menuju otak. Jika anda adalah seorang atlit, mengkonsumsi bit secara rutin bisa menaikkan performa anda dengan baik.

Baca Juga:  Penelitian Ini Justru Menyebutkan Jika Olahraga Bukanlah Kunci Untuk Menurunkan Berat Badan

Artichoke
Kita bisa mendapatkan 60 kalori tanpa adanya lemak dari artichoke ini. Artichoke juga kaya akan serat yang baik bagi pencernaan kita.

Kefir
Minuman yang terbuat dari susu fermentasi ini telah lama dikonsumsi oleh masyarakat dari pegunungan Kaukasus dari Eropa Timur. Namun, kini Kefir yang mengandung bakteri baik atau probiotik ini sedang banyak digandrungi di Amerika Serikat. Rutin meminum kefir akan membuat kita mendapatkan efek anti inflamasi dan anti kanker.

Plum kering
Plum kering sangat baik bagi saluran pencernaan mengingat makanan ini kaya akan serat dan antioksidan. Di dalam seperempat cangkir plum kering terdapat 104 kalori dan 12 persen serat yang kita butuhkan setiap hari. Kita bisa mengkonsumsinya secara langsung atau mencampurkannya dalam muffin, smoothies, sereal, atau sup.

kacang lentil
Kacang lentil atau miju-miju sangatlah baik dikonsumsi sebagai pengganti daging di dalam sup karena kaya akan protein dan serat namun hanya memiliki kandungan lemak yang rendah.

Rumput laut
Kebanyakan orang hanya akan memakan rumput laut saat memakan sushi. Padahal, jika kita mengkonsumsi rumput lain ini secara rutin, kita bisa mendapatkan kandungan vitamin, mineral, kalsium, dan zat besi. Rumput laut juga kaya akan protein dan rendah lemak.