Waspadai 9 Gejala Kanker Prostat yang Tak Biasa Ini

doktersehat testis besar sebelah

DokterSehat.Com– Didiagnosis dengan penyakit serius seperti kanker adalah salah satu momen yang mengubah kehidupan, karena saat seseorang menyadari dia menderita kanker, itu bisa berdampak besar pada hidupnya!

Kanker adalah penyakit yang mulai menghancurkan jaringan dan organ tubuh pada tingkat yang mengkhawatirkan, setelah sel kanker mulai berkembang biak.

Jadi, gejala-gejala penyakit ini bisa sangat merusak, baik bagi pasien maupun bagi orang-orang di dekat Anda.

Kanker dapat menyerang bagian tubuh manapun, mulai dari kulit kepala hingga kaki, termasuk semua organ vital.

Beberapa jenis kanker yang lebih umum adalah kanker usus besar, kanker payudara, tumor otak, kanker prostat, dan lainnya.

Sebelumnya, terlebih dahulu kita pahami apa itu kanker prostat?

Kanker prostat adalah jenis kanker yang memengaruhi kelenjar prostat, yang ditemukan pada pria, terletak di bawah kandung kemih. Kelenjar prostat bertanggung jawab untuk memproduksi cairan mani, selama hubungan seksual.

Ketahui lebih lanjut 9 tanda-tanda peringatan yang tidak biasa dari kanker prostat, yang seharusnya tidak Anda abaikan, seperti dilansir dari Boldsky, berikut ini:

1. Sering buang air kecil

Jika Anda telah memerhatikan bahwa Anda mengalami keinginan untuk buang air kecil lebih sering daripada biasanya, meskipun Anda belum minum kelebihan cairan, maka itu bisa menunjukkan adanya penyakit seperti diabetes, infeksi kandung kemih atau bahkan kanker prostat, seperti kelenjar prostat terletak tepat di bawah kandung kemih.

2. Masalah saat buang air kecil

Ketika seseorang terkena kanker prostat, ia mungkin mengalami masalah tertentu, ketika mencoba buang air kecil seperti kesulitan dalam memulai kencing dan sulit dalam memegangnya. Dengan kata lain, seorang pria dapat mengalami kehilangan kontrol kandung kemih saat buang air kecil, jika kelenjar prostatnya dipengaruhi oleh kanker.

3. Kandung kemih bocor

Jika Anda melihat bahwa Anda tetesan urine di pakaian dalam Anda, yang telah terjadi tanpa Anda sadari, bahkan setelah Anda buang air kecil beberapa saat yang lalu, itu bisa menjadi kasus kandung kemih bocor, ini merupakan tanda lain kanker prostat. Gejala ini tidak boleh dianggap enteng karena bisa menunjukkan bahwa kanker prostat telah mencapai stadium lanjut.

4. Penurunan cairan air mani

Biasanya, pria yang tidak secara aktif berusaha memiliki anak dengan pasangannya, tidak terlalu memerhatikan jumlah cairan mani yang mengalami ejakulasi, ketika klimaksnya tercapai setelah berhubungan seksual. Namun, penting untuk memerhatikan jumlah cairan mani sesekali karena penurunan volume yang tiba-tiba dapat mengindikasikan adanya penyakit seperti kanker prostat.

5. Darah dalam urine

Jika Anda memerhatikan bahwa ada darah dalam urine Anda, atau jika urine Anda sangat gelap, itu bisa menunjukkan adanya sejumlah kondisi kesehatan seperti infeksi saluran kemih, diabetes, batu ginjal, dan lainnya. Darah dalam urine juga dapat menunjukkan Kehadiran kanker prostat, sehingga pemeriksaan kesehatan menyeluruh harus dilakukan untuk mencari tahu apa yang menyebabkan gejala ini.

6. Ejakulasi yang menyakitkan

Biasanya, ketika seorang pria mengalami ejakulasi selama klimaks pada akhir hubungan seksual atau masturbasi, tidak ada rasa sakit yang dialami. Sebaliknya, ejakulasi seharusnya menyenangkan. Jadi, jika Anda mengalami rasa sakit di alat kelamin Anda atau di sekitar kandung kemih saat ejakulasi, itu bisa menjadi tanda kanker kandung kemih.

7. Nyeri di rektum

Jika Anda mengalami nyeri yang tajam dan tekanan konstan di dalam dan di sekitar area dubur, itu bisa menjadi tanda lain kanker prostat. Jika ada pertumbuhan dan penggandaan sel kanker di kelenjar prostat, itu bahkan bisa memengaruhi area rektum karena kedua daerah ini terletak berdekatan satu sama lain.

8. Nyeri di pelvis

Kanker prostat juga dapat menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada panggul pria bersamaan dengan rasa sakit di punggung bawah dan paha. Ini disebabkan pertumbuhan kanker di kelenjar prostat dapat memengaruhi jaringan di daerah sekitarnya juga. Jadi, jika Anda melihat rasa sakit dan kekakuan di panggul, punggung bawah dan paha, lakukan tes untuk kanker prostat.

9. Berat badan

Jika Anda melihat bahwa Anda telah mengalami kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan secara tiba-tiba bersamaan dengan satu atau lebih gejala yang disebutkan sebelumnya, maka itu bisa menjadi gejala lain yang pasti dari kanker prostat. Sebaiknya Anda sesegera mungkin mendapatkan penanganan medis.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik