9 Cara Ini Terbukti Ampuh Menghindari Penyakit Diabetes

doktersehat-fast-food-junk-makanan-cepat-saji-kanker-nugget-pizza-kehamilan

DokterSehat.Com– Kata diabetes telah menjadi begitu umum terdengar oleh masyarakat saat ini, karena ini adalah salah satu penyakit yang paling umum terjadi pada manusia. Ketika kita memikirkannya, kebanyakan dari kita akan mengenal seseorang yang dekat dengan kita yang mungkin menderita diabetes atau sudah terdiagnosis, bukan?

Faktanya, survei telah menunjukkan bahwa jumlah orang yang menderita diabetes telah meningkat dari 108 juta di tahun 1980 menjadi sekitar 422 juta pada tahun 2014. Jadi, Anda hanya bisa membayangkan betapa buruknya tahun ini dan di tahun-tahun mendatang.

Seperti yang mungkin sudah kita ketahui, diabetes adalah kelainan metabolik dimana tubuh gagal menghasilkan insulin yang cukup atau menolaknya, sehingga meningkatkan kadar gula darah ke tingkat abnormal.

Bila kadar gula darah terlalu tinggi, bisa menyebabkan sejumlah gejala diabetes seperti kelelahan, sering buang air kecil, menurunkan kekebalan tubuh, penyembuhan luka yang lambat, dan lainnya.

Bagian yang tidak menguntungkan tentang diabetes adalah bahwa penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun gejalanya dapat diobati dan tetap terkendali. Berikut adalah beberapa cara yang terbukti agar tidak pernah terkena diabetes, kecuali jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit ini, seperti dilansir dari Bold Sky, berikut ini.

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet-sindrom-metabolik

1. Mempertahankan IMT yang Sehat
Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mempertahankan Indeks Massa Tubuh (IMT) sehat adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengobati sejumlah penyakit, termasuk diabetes. Untuk memiliki IMT yang sehat, seseorang harus memastikan bahwa mereka kehilangan atau menambah berat badan sesuai dengan itu, dengan membuat perubahan gaya hidup yang sehat. Memiliki IMT normal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 70 persen.

doktersehat-pria-makanan-bergizi-sehat-sayur-buah-bahagia-diet-sindrom-metabolik

2. Konsumsilah Salad
Pastikan Anda mengonsumsi semangkuk salad, dengan berbagai macam sayuran dan sayuran hijau seperti wortel, mentimun, selada, tomat, bawang merah, bawang putih, dn lainnya. Setidaknya sekali sehari, sebelum makan siang atau makan malam.

Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan cuka ke dalam salad. Mengkonsumsi salad dengan cuka dapat membantu darah menyerap gula lebih sedikit dari makanan yang Anda konsumsi, sehingga menjaga keseimbangan kadar gula darah Anda dan menurunkan risiko diabetes.

doktersehat-olahraga-lari-sehat

3. Berjalan Lebih
Seperti yang mungkin sudah kita ketahui, berolahraga sangat penting untuk tetap sehat, membentuk badan dan sehat untuk jangka waktu yang lebih lama.

Ketika berniat untuk mencegah diabetes, berjalan adalah salah satu latihan terbaik, yang bisa membantu Anda. Dengan mengadaptasi rutinitas berjalan cepat minimal 40 menit setiap hari, sejak usia muda, tingkat metabolisme Anda dapat tetap cukup sehat untuk menjaga tingkat insulin dalam tubuh Anda seimbang, bertujuan untuk mengurangi risiko diabetes.

makan-kacang-doktersehat
Photo Credit: telegrafi

4. Konsumsi Biji-Bijian Utuh
Pastikan makanan Anda terdiri dari biji-bijian seperti oatmeal, barley, beras merah, millets, dan lainnya, terutama untuk sarapan pagi. Biji-bijian utuh kaya akan sejumlah nutrisi, termasuk serat. Kandungan serat dalam biji-bijian dapat membantu mengurangi kadar gula darah secara alami, sehingga mencegah diabetes di kemudian hari. Biji-bijian utuh juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti mengobati sembelit, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

doktersehat-kopi-demensia

5. Minum Kopi
Walaupun ada banyak argumen di bidang medis mengenai pro dan kontra minum kopi, banyak penelitian telah menyatakan bahwa minum dua cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sekitar 29 persen. Tentu saja, kopi yang dikonsumsi harus tanpa gula. Antioksidan yang ada dalam kopi dikatakan bertanggung jawab atas manfaat ini.

doktersehat-makanan-manis-makan-berlebihan

6. Hindari Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji mudah didapat dan banyak pilihannya dan sulit untuk kita hindari. Namun, mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan seperti kentang goreng, pizza, burger, dan sebagainya, dapat menyebabkan sejumlah penyakit, termasuk obesitas, kolesterol tinggi, masalah pencernaan, masalah jantung dan sebagainya.

Makanan ini juga bisa menciptakan ketidakseimbangan kadar insulin dalam jangka panjang. Jadi, hindari makanan ini bisa mencegah diabetes.

doktersehat-kayu-manis-baik-pencernaan
pic credi: cinnamon vogue

7. Konsumsilah Kayu Manis
Dengan menambahkan lebih banyak kayu manis ke dalam makanan Anda, dalam bentuk minyak kayu manis atau bubuk, Anda bisa menurunkan risiko terkena diabetes hingga 48 persen.

Studi penelitian mengatakan bahwa kayu manis memiliki kemampuan alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak sehat di tubuh Anda. Bila kedua faktor ini berkurang secara alami, maka kadar gula darah juga seimbang, sehingga membantu Anda mencegah terkena diabetes.

doktersehat-stres-kerja-emosi-depresi

8. Sering Stres
Stres adalah salah satu akar penyebab sejumlah penyakit, mulai dari sakit kepala sampai penyakit utama seperti kanker, ini adalah fakta. Jadi, jika Anda adalah seseorang yang sering stres, Anda juga berisiko terkena diabetes.

Cobalah teknik relaksasi, yoga dan menemukan cara lain untuk mengurangi stres yang dapat menurunkan kadar hormon kortisol di tubuh Anda, sehingga mencegah diabetes.

doktersehat-rokok

9. Berhenti Merokok
Namun penyebab lain untuk sejumlah penyakit berbahaya, seperti stres, adalah merokok. Seiring dengan penyakit utama lainnya seperti kanker paru-paru, merokok juga terkait dengan diabetes. Jadi, singkirkan kebiasaan ini sesegera mungkin dan bisa membantu menurunkan risiko terkena diabetes.