9 Cara Alami Mengobati Dada Sesak di Rumah

doktersehat-sesak-nafas-asma

DokterSehat.Com– Setiap orang pasti mengalami dada sesak setidaknya sekali dalam seumur hidup. Masalahnya, dada sesak adalah kondisi umum pada anak-anak dan orang dewasa. Karena ini adalah kondisi yang umum, beberapa orang tidak menganggapnya serius dan segera mengobatinya.

Padahal kondisi tersebut dianjurkan untuk mengobati dada sesak pada tahap awal itu sendiri, sehingga tidak menimbulkan masalah serius seperti asma.

Penyebab dada sesak biasanya karena kedinginan yang terjadi akibat bakteri dan alergi. Dada sesak menghambat pernapasan dengan menyumbat trakea dan saluran pernapasan disertai lendir yang terbentuk. Kondisi ini benar-benar mengganggu sistem pernapasan.

Beberapa gejala yang bisa dilihat adalah dada berat, nyeri dada, batuk, sesak napas, dan pusing. Hal ini akan memalukan dan menyebalkan jika terus-menerus berdahak ketika di depan umum. Jadi, carilah pengobatan dan atasi dengan cara yang mudah. Berikut 9 cara penyembuhan alami yang dapat dilakukan di rumah, seperti melansir Bold Sky, berikut ini.

dokter-sehat-teh-panas-asap-minuman-kopi

1. Minum air hangat
Lebih suka melepaskan dahaga Anda dengan air hangat saat merasa dasa sesak. Minum air hangat dapat mengencerkan dahak yang terbentuk di dada. Lebih mudah untuk menyingkirkan lendir dengan cara ini, sehingga memberikan sedikit kelegaan.

susu-doktersehat
Source: Mother Jones

2. Susu dan madu

doktersehat-madu-untuk-anak-batuk
Ini adalah obat rumah tangga untuk dada sesak yang diturunkan secara turun temurun. Ini adalah fakta yang terkenal bahwa kunyit memiliki banyak khasiat pengobatan.

Kunyit adalah antioksidan dan merupakan obat yang hebat untuk kesehatan. Masukan setengah sendok teh kunyit ke dalam segelas susu panas. Kemudian tambahkan juga dua sendok teh madu dan sejumput lada hitam. Minumlah ramuan ini dalam kedaan masih panas untuk meredakan dada sesak.

doktersehat-bau-badan-ketiak-lemon

3. Jus lemon dan madu
Caranya membuat ramuan dengan menuangkan satu sendok makan jus lemon dan madu segar ke dalam segelas air panas, kemudian aduk. Campuran ini adalah obat yang bagus untuk dada sesak.

Minum ramuan ini di pagi dan sore hari agar penyembuhan lebih cepat. Madu berkhasiat menyembuhkan infeksi di saluran pernapasan dan keasaman dalam lemon mengurangi lendir.

garam-epsom-doktersehat
Photo Credit: flickr.com

4. Berkumur dengan garam dan air hangat
Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam bisa dilakukan berkali-kali dalam sehari sampai dada sesak pulih. Disarankan dilakukan 3-4 kali. Garam membantu menghilangkan lendir dari dada dan air panas menenangkan iritasi di tenggorokan. Untuk takarannya cukup mencampurkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat, kemudian kumur-kumur.

doktersehat-jahe

5. Teh jahe
Jahe adalah ramuan ajaib yang berkhasiat sebagai antiperadangan. Sekresi lendir berhenti dengan adanya polifenol dalam jahe. Jahe bisa didapat dalam bentuk teh.

Cara meraciknya cukup dengan mengiris satu batang jahe, tambahkan ke dalam air panas dan biarkan jahe meresap selama 5 menit. Saring dan tambahkan beberapa tetes madu. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari.

doktersehat-kopi-demensia

6. Kopi hitam
Batuk dan sesak adalah dua masalah yang diakibatkan dari dada sesak. Satu atau dua cangkir kopi hitam sehari berkhasiat melegakan masalah pernapasan. Namun, Anda harus minum secukupnya, karena minum kopi hitam berlebih dapat berdampak buruk seperti tekanan darah tinggi dan denyut jantung.

steam-wajah-doktersehat
Photo Credit: wikihow.com

7. Hirup uap
Menghirup uap hangat memberikan kelembapan dan membantu memecah lendir yang menumpuk di dada. Rebus semangkuk air hingga mendidih, tambahkan minyak esensial eucalyptus atau peppermint. Letakkan wajah Anda di atas bukaan mangkuk dan tutupi diri Anda dengan handuk, agar uap terperangkap dan menguap ke wajah Anda, kemudian tarik napas dalam-dalam dan lakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

doktersehat-kunyit-perut
Photo Credit: Scott Dexter

8. Kunyit
Kunyit berkhasiat mengatasi gejala dada sesak seperti batuk dan nyeri. Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit akan melegakan dada sesak. Cukup tambahkan sejumput bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat dan kumur beberapa kali dalam sehari.

9. Jus bawang dan lemon
Jus bawang kaya akan belerang dan quercetin, yang membantu memecah lendir. Caranya blender bawang, perasan lemon, tambahkan sediki air dan satu setengah sendok teh madu. Kemudian hangatkan dan minum ramuan ini tiga kali sehari.